Health

7 Khasiat Brokoli untuk Si Kecil

By  | 

Sebagai seorang ibu, menyiapkan makanan lezat untuk Si Kecil adalah bagian dari rutinitas sehari-hari. Balita dalam masa golden age memang membutuhkan pemenuhan nutrisi yang baik agar tumbuh kembangnya berlangsung optimal.  Nah, sayur merupakan sumber gizi alami yang mudah didapatkan serta harganya cukup terjangkau. Sayur berwarna hijau tua memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan si Kecil, salah satunya adalah brokoli. Kandungan gizi di dalamnya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian Si Kecil, Mams! Yuk, simak manfaat brokoli berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan vitamin A dalam brokoli membuat sayuran ini berkhasiat menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.
2. Mencegah sembelit. Tak hanya orang dewasa yang berisiko sembelit,  Si Kecil pun bisa. Banyaknya kandungan serat alami dalam brokoli  baik untuk memelihara sistem pencernaannya sehingga ia terjauh dari sembelit yang menyiksa.
3. Memelihara kesehatan tulang. Untuk menjaga kekuatan tulang,  tentu membutuhkan banyak asupan kalsium dan vitamin K. Brokoli menyediakan kedua mineral tersebut sehingga baik untuk mendukung pertumbuhan tulang Si Buah Hati. Selain itu, kedua zat baik tersebut bisa menjaga kesehatan gigi.
4.Menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.
5. Mengurangi reaksi alergi dan peradangan. Brokoli merupakan sumber sangat kaya kaempferol dan isothiocyanates, sebuah anti-inflamasi nabati nutrisi yang sangat baik. Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol dalam mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh. Brokoli bahkan memiliki sejumlah besar asam lemak omega 3, yang juga dikenal sebagai anti-inflamasi dan mampu meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil.
6.Tinggi kalsium. Kandungan kalsium pada satu mangkuk brokoli rebus hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu. Selain kalsium, brokoli juga kaya vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada brokoli lebih tinggi dibanding kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk.
7.Meningkatkan kekebalan tubuh. Tingginya kandungan vitamin C pada brokoli baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Kandungan fitonutrien dan fitokimia dalam sayuran ini dapat juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga Si Kecil tidak mudah terserang flu. Dengan begitu, secara tak langsung, brokoli dapat melindungi tubuhnya dari beberapa penyakit. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares