Health

Kenali Perubahan Payudara pada Calon Mama

By  | 

Saat hamil, payudara calon mama tentu mengalami perubahan, sama dengan beberapa bagian tubuh lain. Namun, tak hanya membesar dan terasa sakit saja, beberapa hal lain juga dirasakan, seperti perubahan warna areola, dan sebagainya. Yuk, lakukan beberapa hal berikut agar payudara Anda tetap terasa nyaman.

1. Ukuran payudara membesar. Biasanya, saat kehamilan memasuki usia enam minggu, ukuran bukit kembar akan membesar kurang lebih satu ukuran. Pertambahan ini akan membuat payudara terasa nyeri dan kulit terasa gatal. Gunakan pelembap untuk mengurangi rasa gatal itu ya. Dan pilihlah bra berukuran tepat dan nyaman untuk mengurangi rasa nyeri.

2. Payudara nyeri. Tidak semua calon mama merasakan ini. Namun pada calon mama yang mengalami ini,  ia akan merasa nyeri saat payudaranya disentuh. Nyeri yang umumnya dirasakan saat trimester awal kehamilan ini, berangsur akan mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Rasa nyeri ini terjadi karena pertambahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Maka berhati-hatilah saat bergerak, karena tekanan sedikit saja, akan menimbulkan rasa nyeri. Anda juga bisa menggunakan bra berukuran tepat. Dan tentunya hindari bra dengan kawat dan pilihlah bra berbahan katun.

3. ASI rembes. Payudara sudah mulai memproduksi ASI pada kehamilan 16 minggu. Jadi, mungkin Anda akan mendapati ada cairan berwarna kuning yang akan keluar dari payudara. Cairan ini disebut kolostrum, yang mengandung antibodi penting bagi Si Newborn nanti. Biasanya, ASI yang rembes tidak dalam jumlah banyak. Namun bila Anda mendapati pakaian Anda sampai basah, maka sebaiknya gunakan breastpad, yang berguna untuk meresap ASI yang rembes dengan deras. Saat kehamilan memasuki usia delapan bulan, Anda bisa membersihkan puting payudara dengan baby oil dan cotton bud. ASI rembes saat hamil masih tergolong normal, namun bila yang keluar adalah darah, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Perubahan puting. Seiring makin tua usia kehamilan, warna puting akan menggelap. Dan di akhir kehamilan, ukuran puting akan membesar. Tak ada yang perlu dikhawatirkan. Perubahan ini justru akan membantu Anda saat menyusui Si Kecil nanti.

5. Pembuluh darah terlihat jelas. Hal ini terjadi karena bertambahnya 50% aliran darah pada payudara Anda saat hamil, dan ini fungsinya untuk memenuhi kebutuhan janin. Karena ini adalah hal yang wajar pada kehamilan dan menyusui, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan. Nantinya saat Anda selesai menyusui, aliran darah akan kembali normal kok.

6. Montgomery’s tubercules adalah bintil hitam pada areola. Bintil ini berfungsi untuk melindungi, melembapkan areola dan puting Anda, serta mengusir bakteri di sekitar areola. Jangan mencoba untuk memencet bintil tersebut ya Mams to be, karena ini bukanlah jerawat. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares