Finance

Tip Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru

By  | 

Bagi Anda yang baru mengawali hidup berumah tangga, mungkin mengalami kebingungan mengatur keuangan rumah tangga yang baru Anda jalani ini. Berikut beberapa tip dari Smart Mama yang bisa membantu mengatasi kebingungan Anda.

  1. Buat anggaran. Hitung berapa pemasukan Anda berdua, dan tentukan berapa besar pengeluaran sebulan ke depan. Jika memang diperlukan, Anda bisa membuat buku kas, agar alur keluar masuk uang dapat terkontrol.
  2. Pisahkan uang dalam beberapa pos. Anda dapat membagi keuangan Anda dalam beberapa pos. Sebagai contoh, 10% dana darurat, 10% investasi, 10% tabungan, 60% biaya hidup, 10% biaya lain-lain seperti biaya jalan-jalan atau belanja, misalnya.
  3. Dana darurat. Dana darurat sangatlah penting, Mams. Sisihkan setidaknya 10% dari penghasilan Anda dan suami untuk dana darurat yang akan berguna saat kondisi darurat seperti sakit yang perlu diopname misalnya.
  4. Tabungan untuk anak. Tentunya Anda dan suami mengharapkan kehadiran anak dalam rumah tangga bukan? Agar tak terlalu berat, Anda berdua sudah bisa mulai menyicil sejak sekarang, karena biaya memiliki anak cukup tinggi. Mulailah menabung untuk biaya persalinan, pakaian, dan keperluan lain Si Kecil nantinya, termasuk asuransi pendidikan.
  5. Investasi. Selain dana darurat, investasi juga penting lho, Mams. Tentukan berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan per bulannya, kemudian tentukan jenis investasinya. Investasi emas atau reksadana adalah sebagian contoh investasi yang bisa Anda coba. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares