Finance

3 Prioritas Utama dalam Mengelola Keuangan Keluarga

By  | 

Ketika Anda menikah, dan kemudian memiliki anak, skala prioritas Anda, terutama dalam hal keuangan, tentunya ikut berubah ya, Mamas. Bila sebelumnya Anda menabung untuk keperluan berlibur atau membeli mobil, kini harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dan melihat kebutuhan serta tuntutan yang ada, maka 3 hal berikut ini patut jadi prioritas Anda dalam mengelola keuangan keluarga.

  1. Pendidikan anak. Menyiapkan biaya pendidikan anak merupakan salah satu tanggung jawab Anda dan suami sebagai orang tua. Kesuksesan anak-anak Anda nantinya tentu akan didukung dengan kualitas pendidikan mereka. Dan kualitas pendidikan yang akan mereka dapatkan, tentunya bergantung dari bagaimana orang tuanya mempersiapkan segala sesuatunya, yang salah satunya adalah biaya. Terlebih, biaya pendidikan merupakan biaya yang tidak pernah turun bagaimanapun kondisi ekonomi yang ada.
  2. Persiapan pensiun. Setelah mempersiapkan biaya pendidikan anak, maka persiapan keuangan selanjutnya adalah dana pensiun. Tentunya Anda tak ingin kan masa pensiun Anda tergantung pada anak-anak? Jadi, sebaiknya, dari sekarang Anda juga sudah harus mulai menyiapkan masa pensiun Anda bersama suami.
  3. Proteksi keluarga. Proteksi disini bisa Anda lakukan dengan memiliki asuransi. Asuransi yang Anda ikuti bisa dalam bentuk asuransi kesehatan, ataupun asuransi jiwa. Saat ini banyak penyedia jasa asuransi yang memiliki paket asuransi keluarga. Jadi premi yang harus Anda bayarkan akan lebih rendah dibandingkan ikut asuransi satu persatu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares