Mind

Yang Perlu Anda Tahu tentang Kelas Prenatal

By  | 

Sebagai calon mama, khususnya yang baru pertama kali, pasti menyadari pentingnya mempersiapkan diri menjadi orangtua. Untuk itu, banyak cara yang bisa dilakukan nih, Mamas to be, salah satunya ikut dalam kelas prenatal atau prenatal class. Di Indonesia, kelas prenatal ini mungkin tidak sejamak di luar negeri. Tapi beberapa rumah sakit seperti rumah sakit bersalin, rumah sakit ibu dan anak, serta rumah sakit besar umumnya menyediakan fasilitas ini. Tujuan kelas prenatal adalah membantu wanita hamil menyiapkan diri menyambut persalinan dan perawatan dasar newborn.

Lalu apa saja yang dipelajari dari kelas prenatal? Banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari menghadiri kelas prenatal ini lho, Mamas to be. Selain memperluas pertemanan Anda karena akan bertemu sesama calon orangtua baru, Anda juga akan mendapatkan beberapa hal seperti berikut:
1. Informasi tentang tanda Anda siap bersalin hingga tahapan yang harus dilalui ketika melahirkan.
2. Teknik-teknik relaksasi dan pernapasan.
3. Panduan mengenai pilihan obat pengurang rasa sakit saat melahirkan normal.
4. Pengetahuan soal metode melahirkan selain melalui cara normal.
5. Teknik pijat untuk mengurangi sakit punggung.
6. Teknik laktasi atau menyusui.
7. Perawatan dasar bayi baru lahir seperti cara memandikan, cara menggendong, hingga cara melepas dan memakaikan bajunya.

Beberapa Jenis Kelas Prenatal

Pada prinsipnya, apapun jenis kelas prenatal yang Anda pilih, pastikan bahwa pemberi materi yang umumnya suster atau bidan, merupakan ahli medis yang sudah berpengalaman. Beberapa jenis kelas prenatal yang ada antara lain:

1. Kelas khusus wanita. Tak semua wanita mau mengajak suami atau pasangannya datang ke kelas prenatal. Nah, jika Anda termasuk dari mereka, pilih kelas prenatal yang anggotanya para calon mama saja. Atau jika Anda tengah menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan, maka kelas ini cocok untuk Anda. Apalagi setelah sesi berakhir, Anda dan kawan-kawan ini mungkin bisa melanjutkan ‘ngerumpi’ di kafe atau mal setempat.
2. Kelas pasangan. Bila Anda merasa suami Anda perlu tahu mengenai persiapan menjadi calon orangtua, ini kelas yang cocok ya, Mams to be. Di tempat ini, pasangan Anda juga akan bertemu para calon papa lain kok, jadi tak usah khawatir ia akan sendirian.
3. Kelas hypnobirthing. Di sini, Anda akan lebih fokus pada teknik persalinan khusus yang seolah menghipnotis diri Anda sehingga tidak akan sakit saat melahirkan secara normal. Biasanya harganya memang relatif cukup mahal.
4. Kelas yoga/senam prenatal. Di Indonesia, kelas senam hamil ini bisa dibilang yang paling populer. Kebanyakan rumah sakit menyediakan fasilitas ini. Anda bisa mulai ikut kelas ini ketika kehamilan memasuki delapan bulan dan bisa dibayar per kedatangan. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares