Education

Smart Mama Story : Pilah Pilih Day Care

By  | 
Untuk memfasilitasi para ibu bekerja, sekarang ini mulai menjamur tempat penitipan anak siang hari hingga malam hari atau biasa disebut day care. Berikut adalah cerita dari para Smart Mama saat harus memilih day care yang tepat.
“Yang paling penting buat saya saat memilih day care adalah lokasi tak jauh dari rumah, dan kondisi day care rapi dan bersih. Selain itu, saya juga butuh day care yang sekaligus menyediakan camilan dan makan siang agar saya tidak repot.”
Kina, 29 tahun, mama dari Aldo, 2 tahun
“Saya sempat berkeliling mencari day care yang tepat untuk anak dan tentunya sesuai budget. Akhirnya saya memutuskan, day care yang tidak sekadar berfungsi untuk menitipkan tetapi juga memiliki sarana belajar untuk anak usia dini. Dan, satu hal terpenting adalah, para pengasuh harus sabar dengan anak.”
Ghina, 31 tahun, mama dari Tala, 3 tahun
“Saat sibuk memilih day care, saya mencari yang lokasinya tidak jauh dari kantor saya agar mudah untuk menengoknya sewaktu-waktu. Saya juga mencari day care yang memiliki mainan lebih banyak agar Si Kecil tidak bosan selama di sana. “
Poppy, 30, mama dari Azka,1 tahun
Tip Saat Memilih Day Care
Meninggalkan anak di tempat penitipan, jelas menimbulkan perasaan was-was apakah anak-anak sudah berada di tempat yang tepat? Agar Anda bisa menemukan pilihan day care terbaik, simak beberapa hal berikut ya Mams.
1. Kebersihan. Hal pertama yang harus dicari pada sebuah pusat penitipan anak adalah kebersihan. Tentu saja, sangat normal jika ada kekacauan di tempat yang dihuni banyak anak, tetapi jika para staf selalu sigap menjaga kebersihan, kesehatan akan lebih terjamin. Pilihlah day care yang memiliki standar kebersihan.
2. Keselamatan dan keamanan. Tempat penitipan harus memiliki prosedur ketat tentang aturan siapa yang boleh menjemput anak pulang. Untuk menghindari tindak kriminalitas, pilih day care dengan standar keamanan tertentu.
3. Ramah anak. Apakah tempat penitipan tersebut dihias dengan menarik? Apakah menyenangkan untuk anak? Anda tentu ingin suasana menyenangkan untuk Si Kecil bukan? Sebaiknya pilih tempat yang juga disukai Si Kecil.
4. Staf penyayang anak. Apakah para pengasuh peduli pada perawatan anak-anak yang dititipkan? Tidak butuh waktu lama untuk bisa mengamati apakah para pengasuh memiliki sifat peduli terhadap anak-anak atau tidak. Saat pertama kali berkunjung sebaiknya amati dengan seksama bagaimana cara para pengasuh merawat anak-anak yang sudah lebih dulu dititipkan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares