Beauty & Style

Merawat Kuku dengan Bahan Alami

By  | 

Kecantikan tak hanya terpancar dari wajah yang bersinar, tetapi juga dari kebersihan kuku kaki dan tangan Anda, Mams, bukan? Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk merawatnya ya. Dalam merawat kesehatan kuku, yang bisa Anda lakukan di rumah adalah membersihkan dan merapikan kuku dengan gunting kuku. Hindari memotong kutikula ya karena berfungsi sebagai penahan alami kuku agar terhindar infeksi.
Cara termudah adalah merendam jari tangan di dalam wadah air hangat selama 10 menit. Campur air dengan perasan jeruk nipis, olive oil, dan garam. Lalu, keringkan dengan handuk dan gunakan pelembap kuku. Untuk kuku kaki, rendam dalam air garam dan kelopak bunga mawar lalu sikat untuk menghilangkan sel kulit mati. Bersihkan dengan scrub dan oleskan pelembap lalu keringkan. Nah, untuk perawatan lebih intensif, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kuku.

Belimbing wuluh. Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang akan dibersihkan, lalu bilas dengan air bersih.

Air putih. Salah satu cara mudah memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih minimal 1,5 liter sehari. Konsumsi air putih membantu agar kuku tidak kering.

Bawang putih. Mengandung zat sebagai penguat kuku.  Cukup diparut lalu oleskan sekitar 15 menit lalu bersihkan.

Lidah buaya. Selain merawat rambut, ternyata tanaman ini juga bisa merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, agar kuku terlihat lebih cantik dan bening.

Getah pepaya. Berfungsi membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

Lemon (jeruk nipis). Dengan menggunakan jeruk lemon, dapat mengembalikan kuku yang kuning terlihat putih kembali. Caranya, campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi. Aduk rata, lalu oleskan pada kuku . Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur, maka kuku akan kembali cantik. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares