Beauty & Style

Ini Cara Mengetahui Apakah Produk Skincare Anda Sudah Tersertifikasi BPOM!

By  | 

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran wanita Indonesia akan kesehatan dan kecantikan kulit, tren produk perawatan kulit dan wajah pun turut meningkat dan berkembang pesat di Indonesia.

Hal ini tentunya juga harus diikuti dengan pentingnya pemahaman kita tentang produk kecantikan tersebut, apakah cukup aman dan cocok dengan jenis kulit kita. Selain itu, dr. Arini Widodo, SpKK juga menambahkan akan pentingnya menggunakan produk skincare yang telah memiliki sertifikat BPOM.

“Sangat penting untuk memiliki skincare yang sudah teregistrasi BPOM untuk menjamin keamanannya, karena meskipun mengandung bahan yang alami atau natural, belum tentu itu aman. Di sini kita harus lebih kritis dan memiliki edukasi yang cukup mengenai bahaya kosmetik illegal,” ujarnya.

“Produk yang sudah lolos BPOM paling tidak sudah diseleksi dari 3 aspek yaitu: Keamanan, Kemanfaatan, dan Mutu, sedangkan produk yang ilegal tidak memiliki garansi 3 aspek tersebut,” lanjut dr. Arini di sela-sela peresmian BioaquaShowroom.

Di acara ini ia pun mengedukasi bagaimana cara mengetahui apakah sebuah produk kosmetik telah teregistrasi BPOM. dr. Arini mengatakan bahwa kita dapat menginput nomor BPOM produk di website BPOM https://cekbpom.pom.go.id untuk memastikan kesahihannya. Selain itu produk yang di jual bebas seharusnya masuk kategori kosmetik, bukan obat. Menjadi konsumen yang kritis akan membantu kita dan juga masyarakat lainnya agar dapat terlindungi dari produk yang dapat membahayakan kesehatan. 

Karena itu, sebelum membeli produk skincare, yuk Mams kita cek terlebih dahulu apakah sudah skincare tersebut sudah tersertifikasi BPOM atau belum! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares