Career

Pekerjaan Tepat untuk Si Introvert

By  | 

Q: Saya merasa sekarang adalah waktu tepat bagi saya untuk memulai karier karena anak saya sudah berhenti menyusui secara eksklusif. Namun, sebagai orang yang introvert, seringkali saya bingung, apa sih pekerjaan yang tepat bagi orang yang berkepribadian seperti saya?

Anggi, 25 tahun, mama dari Yara, 1 tahun
 
A: Orang berkepribadian introvert, adalah orang yang pintar dalam observasi, pendengar yang baik, dan dapat mempersiapkan segala sesuatu secara detail. Nah, kemampuan tersebut sangat tepat untuk beberapa jenis pekerjaan berikut.

  1. Analis finansial. Melihat kemampuan dasar para introvert sebagai penganalisis, pekerjaan ini sangat tepat. Selain perlu ketelitian dan kemampuan mengerjakan laporan keuangan secara detail, analis keuangan juga bertugas menganalisis laju saham dan obligasi serta memantau laju bisnis terkini.
  2. Translator. Bekerja sebagai translator merupakan pekerjaan individual. Anda hanya akan berhubungan dengan suatu dokumen untuk diterjemahkan, bahkan terkadang Anda tidak akan berinteraksi langsung dengan pihak lain.
  3. Pustakawan. Jika Anda sangat menyukai buku dan lebih sering menyuruh orang diam ketika berisik daripada mengobrol dengan mereka, maka profesi pustawakan sangatlah cocok. Pekerjaaan pustakawan adalah menyusun dan merawat buku. Tidak hanya dibutuhkan di perpustakan umum, tapi juga bisa di biro hukum, rumah sakit, dan kantor pemerintahan.
  4. Auditor. Mempelajari laporan keuangan bisa jadi sangat membosankan dan melelahkan. Seseorang harus mau berkutat dengan angka-angka di laporan keuangan tersebut. Pekerjaan yang cocok untuk Si Penyendiri nih, Mam.
  5. Desainer grafis. Sebagai desainer grafis, Si Pendiam dapat mudah melatih kreativitas mereka saat merancang logo, website, dan produk-produk lainnya yang berhubungan dengan grafis. Para desainer grafis memiliki kecenderungan bekerja sendiri. Terkadang memang Anda akan bertemu dengan klien untuk brainstorming ide, namun selanjutnya semua bisa dilakukan melalui email atau via telepon.
  6. Media sosial manager. Pekerjaan sebagai media sosial manajer membutuhkan banyak waktu berhubungan dengan internet dibandingkan berinteraksi langsung. Anda akan terlibat dengan Instagram, Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan Anda.
  7. Kriminolog. Pekerjaan kriminolog merupakan pekerjaan yang mengharuskan Anda menganalisis sebab akibat, mengkoreksi, dan mencegah terjadinya tindakan kriminal. Ini merupakan pekerjaan individual yang mewajibkan Anda mempelajari hukum sehubungan dengan tingkat kriminalitas dan pembuatan laporan hukum. Karena orang introvert biasanya sangat fokus, maka pekerjaan ini rasanya cukup tepat untuk Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares