Mind

Me Time dengan Relaksasi

By  | 

Perasaan tegang, takut, atau cemas akan kehamilan, seringkali muncul dalam diri calon mama. Bila perasaan tersebut dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa Anda jadi stres, dan selanjutnya janin dalam kandungan bisa jadi korban (baca : Tip Atasi Rasa Takut Melahirkan). Nah, karena itu perasaan dan pikiran yang tenang saat hamil, sangatlah penting. Karena akan membuat Anda lebih siap menghadapi berbagai kondisi kehamilan. Pikiran atau perasaan tenang bisa salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan relaksasi. Berikut tip relaksasi dari Smart Mama yang bisa Anda coba.

  • Duduk nyaman. Pilih kursi yang nyaman, lalu duduklah tegak. Sangga punggung dengan bantal, dan rilekskan kaki Anda. Atau, duduk dan letakkan kepala Anda di atas meja bertumpukan lengan atau bantal empuk.
    Atur napas. Bernapaslah dengan tenang. Tariklah napas, lalu hembuskan pelan-pelan melalui mulut, hingga dada terasa lapang. Ulangi beberapa kali hingga tubuh terasa rileks. Anda juga bisa melakukannya sambil memejamkan mata.
  • Tenangkan pikiran. Menenangkan pikiran berarti juga membuat tubuh jadi rileks. Dalam hal ini dibutuh kesabaran dan ketekunan. Sebelum mulai, ciptakan suasana tenang di sekitar Anda. Bila perlu, putar musik lembut. Tutup mata Anda, lalu berkonsentrasi, dan bernapaslah secara teratur. Biar tubuh betul-betul rileks dan Anda pun bahagia, bayangkan diri Anda dalam suasana menyenangkan. Setelah itu, sebarkan perasaan ini ke seluruh tubuh. Lakukan latihan selama sekitar 15 – 20 menit, lalu secara perlahan bukalah mata untuk menyelesaikan latihan.
  • Anda dapat mengulangi aktivitas ini saat Anda mulai resah atau takut akan kondisi kehamilan Anda, Mams. Makin sering Anda melakukannya, makin mudah pula Anda mencapai keadaan rileks. Tidur pun nyenyak, serta berbagai perasaan tak enak pun akan terlupakan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istock.com)

Shares