Style

Q & A : Memilih Sepatu Bayi yang Tepat

By  | 

Q: Anak saya sedang memasuki tahap belajar berdiri dan ia senang sekali bermain di luar rumah. Saya ingin ia memakai alas kaki yang sesuai. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana memilih sepatu yang tepat untuk sekarang dan nanti pada tahap ia sudah mulai bisa berjalan?
Jenny, 31 tahun, mama dari Malla, 9 bulan

A: Dalam memilih sepatu bayi, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis sepatu yang dibutuhkan sesuai perkembangan usianya. Pemilihan sepatu yang sesuai usia dan perkembangan kakinya akan mendukung Si Kecil pada saat ia belajar berdiri nantinya.
Sepatu bayi terdiri dari dua jenis sesuai tahap perkembangan bayi yaitu prewalker dan walker. Sepatu prewalker ini untuk bayi yang belum memasuki tahap berjalan, termasuk bayi yang sedang belajar berdiri. Sepatu jenis ini terbuat dari bahan sangat lembut dan fleksibel seperti katun, sehingga membuat kaki bayi nyaman. Sedangkan sepatu jenis walker diperuntukkan bagi bayi yang sudah memasuki tahap berjalan. Sepatu ini umumnya telah memiliki sol yang lebih keras namun tetap fleksibel sehingga tak mengganggu gerak bayi ketika berjalan.
Pada bayi yang belum bisa berjalan atau sedang mulai belajar berdiri, sepatu fungsinya hanya sebatas untuk melindungi kaki agar ia tak cedera atau lecet saat terjatuh dari berdiri atau saat bersentuhan dengan benda berujung tajam. Semoga membantu ya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares