Mind

Trik Usir Stres dalam 5, 15, dan 60 Menit

By  | 

Hampir semua orang pernah mengalami stres dan penyebabnya pun bermacam-macam. Mulai dari kemacetan lalu lintas Jakarta dan sekitarnya yang harus Anda lewati setiap hari kerja, beban pekerjaan ditambah lingkungan kantor yang mungkin kurang nyaman, hingga kelelahan karena harus mengurus keluarga sambil tetap bekerja. Nah, seringkali saat stres melanda, Anda tidak punya banyak waktu untuk melepaskannya. Padahal kalau didiamkan saja, stres pun akan semakin meningkat. Solusinya, Anda harus bisa menghilangkan stres dalam waktu singkat. Coba beberapa tip Smart Mama ini, Mams. Stres hilang, pikiran pun segar kembali.

  • Bila Anda hanya punya waktu 5 menit. Dengan waktu sesingkat ini bukan berarti Anda tidak bisa melakukan sesuatu untuk membuat pikiran lebih tenang. Jika Anda di kantor, biarkan mata beristirahat sejenak. Setelah berjam-jam menatapi layar komputer, coba alihkan pandangan selama lima menit ke arah lain. Atau bisa dengan menutup mata, lalu tarik napas dalam-dalam. Meski terkesan simpel, namun cara ini akan membantu Anda sedikit lebih tenang. Mengunyah permen karet juga dapat mengurangi rasa gugup dan mengurangi stres.
  • Bila Anda punya waktu 15 menit. Manfaatkan waktu istirahat makan siang dengan berjalan kaki di sekitar kantor. Tak perlu jauh-jauh, Mamas, mungkin Anda bisa turun ke lobi atau mengunjungi teman di lantai lain di gedung perkantoran Anda. Dengan melihat pemandangan yang lain dari yang biasa dilihat, maka akan membantu untuk me-refresh otak. Atau jika Anda hobi membaca, bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca majalah atau mendengarkan musik. Bila tak menyukai keduanya, cobalah menggenggam bola tenis sambil meremasnya, diyakini kegiatan ini akan menimbulkan rasa nyaman.
  • Bila Anda punya waktu 60 menit. Anda bisa mengambil kelas yoga di sela-sela aktivitas. Selain itu, menikmati segelas kopi atau satu cup ice cream bersama para rekan kerja saat istirahat makan siang juga patut dicoba. Yang terpenting pilih aktivitas yang bisa membuat Anda relaks, dan sesuaikan dengan waktu yang Anda punya untuk melakukannya.
  • Bila Anda punya waktu lebih dari 60 menit. Coba re-charge otak dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti menonton konser, perawatan di salon, shopping, berkebun, dan jogging keliling komplek, yang semua bisa Anda coba. Luangkan waktu yang Anda punya untuk memanjakan diri di akhir minggu, Mams! Lupakan sejenak urusan kantor dan nikmati waktu yang Anda punya semaksimal mungkin. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares