Health

Panduan Berenang Aman dan Nyaman untuk Si Kecil

By  | 

Baru-baru ini kita sempat dikejutkan dengan kabar seorang murid sebuah sekolah internasional di Jakarta yang meninggal akibat tenggelam di kolam renang sekolah tersebut. Pihak sekolah mengakui bahwa mereka lengah dan penjagaan yang dilakukan terhadap siswa di kolam renang kurang ketat. Nah, agar Si Kecil tetap aman dan nyaman saat berenang, simak pembahasan Smart Mama berikut.

  • Perkenalkan Si Kecil dengan kolam renang sejak dini. Sebaiknya sejak kecil anak Anda sudah diperkenalkan dengan kolam renang, bila perlu sejak ia bayi. Dengan begitu, relatif ia sudah mengenal situasi kolam renang dengan baik dan saat berusia sekolah nantinya, ia sudah dapat berenang dengan baik dan lebih sedikit risiko untuk tenggelam.
  • Gunakan pengaman. Berenang di usia dini tentu saja membutuhkan perlengkapan keamanan yang lengkap. Gunakan kacamata agar Si Kecil dapat melihat dalam air, serta pelampung atau ban renang, sehingga ia tetap bisa mengambang di atas air.
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Biasakan Si Kecil melakukan pemanasan sebelum ia masuk ke dalam air. Jika Si Kecil masih bayi, gerakkan terlebih dahulu kaki dan tangannya. Apabila anak Anda sudah usia toddler atau usia sekolah, ajak ia berlari kecil dulu sebelum berenang. Hal ini wajib dilakukan guna mencegah kram otot yang seringkali menjadi pemicu anak tenggelam.
  • Gunakan sunblock. Hal ini sangat penting untuk melindungi kulit Si Kecil agar tidak terbakar matahari saat berenang di kolam renang outdoor. Meskipun Si Kecil berenang di kolam renang indoor, gunakan juga krim pelindung kulit, karena beberapa anak sensitif terhadap kandungan kaporit.
  • Pengawasan ekstra ketat. Nah yang satu ini betul-betul harus diperhatikan ya Mams, jangan lengah meskipun hanya dalam hitungan detik. Dampingi terus Si Kecil saat ia berenang. Jika ia berenang di sekolah, ada baiknya Anda lebih ‘cerewet’ kepada pihak sekolah. Tanyakan pada pihak sekolah berapa orang yang mengawasi siswa/siswi sekolah saat ada kelas berenang. Semakin banyak yang mengawasi tentunya akan lebih bagus karena akan lebih fokus bukan? Perhatikan juga pengamanan kolam renang sekolah, apakah memiliki pagar atau tidak karena bisa jadi justru siswa tenggelam hanya karena terjatuh dan bukan saat kelas renang dilaksanakan. Usulkan juga pada pihak sekolah untuk menempatkan CCTV di area kolam renang. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares