Health

5 Makanan ‘Pelawan’ Kolesterol

By  | 

Mengonsumsi makanan seperti steak, sandwich, burger, french fries, atau junk food memang enak ya, Mamas. Tapi, bila Anda tidak membatasi asupan makanan seperti itu, bukan tidak mungkin hal ini bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah Anda meningkat, lho. Anda tentu sudah tahu kan, bahaya dari kolesterol tinggi? Nah, selain menerapkan beberapa cara seperti yang beberapa waktu lalu Smart Mama bahas (Baca : Mengatasi Kolesterol Tinggi), ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol kita. Menurut penelitian terakhir dari Harvard University of Public Health, beberapa makanan ‘penurun’ kolesterol adalah:

1. Kacang-kacangan. Salah satu sumber serat yang juga mampu ‘mengikat’ kolesterol lalu ‘membuangnya’ dari sistem pencernaan sebelum masuk ke dalam aliran darah adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang masuk dalam golongan sayuran seperti kacang merah dan kacang polong ini memiliki efek mengenyangkan cukup lama sehingga tidak akan membuat Anda mudah gemuk.

2. Lemak tak jenuh. Yang dikenal sebagai unsaturated fats dan mungkin membuat Anda bertanya,bagaimana mungkin lemak bisa ‘membunuh’ kolesterol? Ya, Mamas, lemak tak jenuh adalah lemak yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Lemak tak jenuh ini dapat Anda temukan dalam minyak goreng yang terbuat dari sayuran seperti minyak kanola, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak biji rami. Jika Anda masih belum menggunakan minyak sayuran tersebut untuk memasak di rumah Anda, ada baiknya segera ganti dengan salah satu minyak berlemak tak jenuh ini ya.

3. Oats. Makanan satu ini cukup populer di kalangan mereka yang berdiet dan Anda yang juga ingin menurunkan kadar kolesterol. Oats atau sereal gandum ini memiliki serat yang disebut beta glucan, yang mampu membantu ‘mengeluarkan’ kolesterol dari tubuh Anda.

4. Buah berasa asam. Jeruk, lemon, dan apel memiliki kandungan pectin tinggi, yang jika dikonsumsi setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 7-10 persen. Pectin juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh.

5. Almond dan kacang tanah. Camilan bergizi yang ‘dicintai’ oleh jantung kita. Dua jenis kacang ini kaya serat dan lemak tak jenuh yang bisa membantu ‘memerangi’ kolesterol. Dengan mengonsumsi 1-2 genggam kacang tanah atau almond setiap hari, maka mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 4-10 persen. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares