Career

Q&A: Bekerja di Bawah Tekanan, Apa yang Harus Dilakukan?

By  | 

Q: Saya baru saja melakukan kesalahan besar di kantor hingga saya ditegur atasan. Semenjak kejadian itu, saya jadi seringkali takut melakukan kesalahan dalam bekerja hingga membuat saya tertekan. Saya pun jadi selalu berusaha agar tak bertemu muka dengan atasan setelah kejadian itu. Apakah yang harus saya lakukan, haruskah saya mengundurkan diri dari pekerjaan? Karena saya sudah mulai tak nyaman dengan kondisi ini.

Melina, 28 tahun

A: Sebagai karyawan, wajar saja bila kita sering diliputi rasa takut atau khawatir berbuat salah dalam bekerja. Tapi, tahukah Anda, kalau perasaan tersebut malah hanya akan menghambat karier? Ketika merasa takut, waktu yang ada hanya akan terbuang untuk memprediksi kemungkinan buruk yang bisa terjadi, padahal semua hal bisa saja salah, karena toh Anda belum mencobanya akibat sudah terlalu takut. Bila rasa takut ini berasal dari kesalahan masa lalu yang sudah Anda perbuat, sebenarnya ini merupakan satu nilai plus, karena sudah mempunyai pengalaman sebelumnya, hanya saja belum sukses mencapainya. Cara mengubah kesalahan ini menjadi hal positif adalah dengan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut, ketahui dimana kesalahannya, dan hindari melakukan kesalahan yang sama. Hal itu juga bisa dijadikan motivasi agar Anda dapat bekerja lebih baik.
Jadi, mari selesaikan tugas pekerjaan dengan bertanggung jawab dan sebaik-baiknya terlebih dulu ya, Mam. Kalau ternyata salah, itu urusan nanti dan jangan buru-buru berpikir untuk resign karena Anda sendiri yang akan menyesal nantinya.(Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto. com)

Shares