Relationship

Tip Berhubungan Baik dengan Mantan Suami

By  | 

Meskipun pernikahan Anda dengan suami sudah tidak dapat dipertahankan lagi, tentunya Anda tetap harus berhubungan baik dengannya demi Si Kecil. Karena apapun masalah antara Anda berdua, ia tetap membutuhkan kasih sayang lengkap dari kedua orangtuanya. Dan tumbuh kembang Si Kecil tetap saja menjadi tanggung jawab Anda berdua. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengesampingkan ego dan tetap menjalin hubungan baik dengannya. Walau sulit, Anda harus tetap mencobanya ya Mams, demi kebaikan Si Kecil. Contoh saja pasangan selebriti Miranda Kerr dan Orlando Bloom yang memutuskan berpisah di tahun 2014 lalu, hingga kini hubungan mereka tetap baik. Bahkan jarak rumah keduanya hanya lima menit, alasannya agar anak mereka satu-satunya, Flynn Bloom, tetap dekat dengan kedua orangtuanya. Agar hubungan Anda dan mantan suami tetap berjalan harmonis, simak tip dari Smart Mama berikut:

  • Co-parenting. Tumbuh kembang Si Kecil akan lebih maksimal jika Anda dan mantan suami sama-sama mengurus, membesarkan, dan mendidik Si Kecil. Tentukan pembagian waktu seadil mungkin antara Anda dengannya untuk menghabiskan waktu bersama Si Kecil. Jangan posesif ya Mams.
  • Komunikasikan segala hal yang berkaitan dengan anak. Yang satu ini juga sangat penting guna menghindari salah satu pihak merasa dilangkahi. Sebaiknya informasikan segala hal yang berkaitan dengan Si Kecil secara detail, misalnya saat Si Kecil sakit atau Anda ingin mengajaknya menginap ke luar kota.
  • Diskusikan semua keputusan besar. Saat anak Anda akan masuk sekolah atau ingin mengadakan pesta ulang tahun sebaiknya berdiskusi dahulu dengan mantan suami. Libatkan ia dalam keputusan besar yang menyangkut Si Kecil, hal ini akan menghindari Anda dari konflik dan ia juga merasa lebih dihargai. Toh memang Si Kecil adalah tanggung jawab Anda berdua.
  • Masalah keuangan. Hal ini juga harus jelas sejak awal, diskusilah bersama mantan suami seputar pembiayaan kebutuhan Si Kecil, misalnya ditanggung sepenuhnya oleh mantan suami atau patungan berdua. Temukan kesepakatan sejak dini sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari.
  • Hormati kehidupan pribadinya. Selain urusan Si Kecil, Anda tidak perlu mencampuri urusan pribadi mantan suami, misalnya masih ingin tahu penghasilannya atau mengurusi seputar relationship Jika ia memiliki pasangan baru, Anda justru harus mengajari Si Kecil menghormati pasangan baru Sang Papa. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares