Finance

5 Cara Sederhana untuk Berhemat

By  | 

Beberapa bulan terakhir ini perekonomian di tanah air sedang tidak stabil. Harga-harga kebutuhan pokok terus menerus naik seiring melemahnya nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah. Bila Anda tidak pintar-pintar mengatur keuangan, maka pengeluaran Anda semakin ‘membengkak’ lho, Mamas. Oleh karena itu, beberapa cara sederhana berikut Smart Mama berikan untuk membantu Anda menghemat pengeluaran sehari-hari. Terapkan ya, Mams.

1. Buat rencana pengeluaran dan taatilah. Meskipun terdengar klise, tapi ini hal pertama yang harus dilakukan lho. Tuliskan dalam buku catatan Anda, budget per bulan yang harus Anda keluarkan seperti pembayaran cicilan rumah atau kendaraan, biaya sekolah Si Kecil, biaya transportasi keluarga, hingga biaya makan selama sebulan penuh. Usahakan untuk menaaati rencana pengeluaran ini dan jangan melebihi dana yang sudah dipersiapkan ya, Mamas.

2. Hidup ‘di bawah’ pendapatan Anda. Banyak orang melupakan hal terpenting satu ini. Terkadang, kita lupa bahwa kita tidak boleh melakukan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan yang diterima ya, Mamas. Misalnya pendapatan keluarga Anda adalah Rp 10.000.000 per bulan, maka pengeluaran Anda harus kurang dari Rp 10.000.000 juga ya. Kalau pengeluaran Anda melebihi pendapatan, maka Anda bukan saja sudah hidup boros tapi juga bisa terjerat ke dalam utang.

3. Kurangi ‘jatah’ makan di restoran. Memasak untuk keluarga selain lebih terjamin kebersihannya, juga sangat membantu proses penghematan yang Anda lakukan lho. Walau demikian, sesekali tak ada salahnya memang Anda makan di restoran favorit keluarga, sebulan sekali misalnya. Selain untuk meningkatkan bonding antar anggota keluarga, Anda juga bisa mengintip menu restoran lalu Anda bikin sendiri di rumah. Walaupun memang rasanya makanannya tidak sama persis, tapi jauh lebih murah, bukan?

4. Pilih cash daripada debit atau credit card. Banyak orang yang enggan membawa uang cash dengan alasan lebih praktis melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit. Padahal menggunakan ‘uang plastik’ ini justru membuat Anda bisa lebih boros, lho. Ini karena Anda cenderung lebih loose membeli barang dengan menggunakan kartu kredit atau debit karena ingat bahwa saldo-nya masih cukup. Berbeda bila Anda menyimpan uang cash di dompet, Anda hanya akan membeli barang dengan jumlah yang sesuai dengan isi dompet, kan?

5. Menghabiskan akhir pekan di rumah. Ini adalah tip hemat yang paling mudah dilakukan namun kadang menimbulkan dilema, ya Mamas. Mosok sudah 5-6 hari kerja, di hari libur di rumah juga sih? Kan bosan, lagian kasihan Si Kecil tidak jalan-jalan ke mal. Anda pasti berpikir demikian deh, Mamas. Memang sih, jika tidak melakukan aktivitas apa pun pasti bosan. Nah, solusinya mengapa Anda tidak menonton DVD film kartun terbaru yang bisa ditonton semua keluarga? Atau bikin kudapan ringan seperti puding cokelat atau bolu tape kukus yang lezat tapi juga terbuat dari bahan-bahan yang harganya tidak terlalu mahal , ya, Mamas.

Bagaimana? Yuk, belajar berhemat mulai dari sekarang. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

Shares