Parenting

Cara Mendekatkan Anak dengan Step Grandparents

By  | 

Jika Anda single mama yang kemudian menikah lagi tentu anak Anda tak hanya harus beradaptasi dengan ‘papa’ baru, namun juga kakek dan nenek baru. Agar hubungan Si Kecil dengan kakek nenek tirinya terjaga dengan baik, lakukan langkah berikut:

  • Hubungan akan agak complicated jika pasangan baru Anda juga punya anak. Hal ini akan membuat anak Anda merasa menjadi orang lain di lingkungan keluarga suami baru Anda. Sebaiknya jelaskan dengan jujur mengenai posisinya sebagai cucu tiri yang pasti tidak seistimewa cucu kandung. Namun semua juga tergantung sikap mertua baru Anda. Jika mereka tidak membedakan, maka akan mudah bagi Si Kecil untuk akrab dengan kakek-nenek barunya. Jika mereka bersikap membedakan, ajak anak berpikir positif, toh ia memiliki kakek dan nenek kandung juga.
  • Jika pasangan baru Anda tidak memiliki anak, kemungkinan hubungan Si Kecil dengan kakek nenek barunya akan lebih mudah terjalin dengan baik. Tak ada salahnya jika Anda dan pasangan sering mengajak Si Kecil berkunjung ke rumah mertua Anda.
  • Dekatkan hubungan orangtua kandung Anda dengan mertua baru Anda. Hubungan yang terjalin baik antar keduanya dapat memengaruhi hubungan Si Kecil dengan kakek dan nenek tirinya. Jika ia melihat orangtua Anda akur dengan mertua, imagenya tentang mertua Anda akan lebih positif.
  • Bersabar juga merupakan kunci keakraban antara Si Kecil dengan mertua Anda. Biarkan hubungan mereka mengalir apa adanya. Jangan memaksa Si Kecil langsung menyayangi mertua Anda atau sebaliknya. Semua orang butuh waktu untuk beradaptasi dengan peran baru masing-masing. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

.

Sent from my iPhone

Shares