Education

Cara Fun Mendidik Balita

By  | 

Mendidik balita bisa dibilang perkara yang tidak mudah ya, Mams. Anda harus bisa jadi orangtua yang menyenangkan agar Si Kecil merasa nyaman dan senang. Saya dan tim Smart Mama yang juga memiliki anak balita juga terus berusaha menjadi orangtua fun untuk buah hati kami. Bagaimana ya caranya? Ini beberapa hal dasar yang kami lakukan.

·         Mendapatkan hadiah? Si Kecil tentu suka! Sebaiknya Anda menanamkan sikap memberikan hadiah dan pujian saat Si Kecil melakukan pekerjaan atau sesuatu yang baik. Misalnya, ketika ia sudah mengerjakan PR dari sekolah, atau saat ia mendapatkan nilai baik. Untuk anak usia 3 tahun, mungkin Anda bisa berikan pujian saat ia tertib merapikan mainan-mainannya di tempat seharusnya. Memberikan pujian dan hadiah untuk kebaikan yang Si Kecil lakukan akan lebih efektif daripada menghukumnya saat ia salah.
·         Anda sebaiknya memberi aturan yang jelas agar saat Si Kecil melanggar, Anda bisa langsung menegurnya. Jika tidak memberinya aturan, akan sulit bagi Anda untuk memarahinya. Misalnya, Anda bisa buat aturan waktu tidur adalah pukul 21.00, bermain sepeda tak boleh terlalu jauh dari rumah, dan lainnya.
·         Sesekali boleh saja Anda memberi punishment atau hukuman, namun tetap bersifat mendidik. Sebaiknya tidak melontarkan nada kasar seperti,  “Kok Adik makannya tidak habis? Ayo habiskan!” Jika dengan nada tinggi seperti itu tentu akan membuat Si Kecil takut dan tak mau menghabiskan makanan. Lontarkan dengan nada halus seperti, “Lho, kok tidak dihabiskan makannya. Masih banyak di luar sana yang susah mendapatkan makanan, lho. Adik harusnya bersyukur, karena Mama dan Papa bisa memberimu makanan bergizi.” Intinya, mendidik anak dengan punishment yang edukatif tentunya menjadi pelajaran agar Si Kecil tahu akibat yang ia dapatkan karena melanggar sesuatu. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares