Health

Yuk, Detoks Paru-Paru Anda!

By  | 

Akhir-akhir ini, saya sering mendengar seorang teman atau kerabat yang menderita penyakit paru-paru cukup berat. Padahal ia bukan perokok, dan cukup rajin berolahraga, tapi mengapa bisa terjadi ya, Mams? Meski hasil penelitian belum membuahkan bukti yang akurat, diduga asupan zat karbon, bahan pelarut, gas radon, serta asap kendaraan, dan asap rokok orang lain menjadi penyebab timbulnya penyakit paru-paru. Agar paru-paru Anda senantiasa sehat dan bersih, yuk lakukan detoks paru-paru dengan cara berikut:

  1. Jauhi rokok. Untuk yang satu ini, Anda pasti sudah paham ya, Mams, namun sekadar mengingatkan, kandungan karbonmonoksida dalam rokok dapat menyebabkan masalah besar pada paru-paru Anda, bahkan dapat menimbulkan kanker.
  2. Latihan pernapasan. Ternyata, jika Anda sering melakukan latihan pernapasan dengan cara mengambil napas dalam-dalam dalam hitungan 5-10 dan membuangnya secara berulang dapat membersihkan paru-paru Anda, lho.
  3. Konsumsi makanan pembersih paru-paru. Makanan yang mengandung zat karotinoid seperti wortel, ubi jalar, tomat, serta sayuran hijau dipercaya dapat membersihkan paru-paru. Konsumsi juga makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon, tuna, dan kacang-kacangan, serta berbagai macam jenis buah.
  4. Hindari ruangan pengap. Ruangan yang sirkulasi udaranya tidak berputar juga dapat menyebabkan paru-paru bermasalah. Meskipun kamar Anda menggunakan pendingin udara (AC), sebaiknya setiap pagi Anda mematikannya dan membuka jendela kamar. Pastikan juga kamar Anda bebas dari debu ya, Mams, saat weekend tak ada salahnya jika Anda membersihkan area kamar yang berpotensi debu, seperti tumpukan barang atau buku.
  5. Gunakan masker. Jika Anda harus beraktivitas di jalan raya yang berpotensi debu serta asap, jangan lupa pakai masker ya Mams, agar asupan zat karbon yang Anda hirup tidak terlalu banyak. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares