Health

Manfaat Kalsium untuk Anda dan Si Janin

By  | 

Seperti Anda ketahui, wanita hamil pasti membutuhkan nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari. Seluruh kandungan gizi mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral harus ada dalam menu harian para calon mama. Salah satu mineral yang penting untuk Anda yang mengandung adalah kalsium.  Asupan kalsium bisa Anda dapat peroleh dari banyak makanan seperti sayuran hijau, alpukat, kacang almond, keju, kacang kedelai, yoghurt, susu, dan sebagainya.

The United States Recommended Daily Allowance (USRDA) mengatakan, kalsium yang diperlukan wanita hamil dan menyusui dengan usia lebih dari 24 tahun adalah 1200 mg per hari. Bila usia Anda di bawah usia 24 tahun maka Anda butuh 1200-1500 mg kalsium per hari. Agar kebutuhan kalsium ini bisa terpenuhi setiap hari, maka dalam sehari setidaknya Anda makan 4 porsi makanan dan minuman yang sarat kalsium.

Dari seluruh sumber makanan tersebut, kandungan kalsium tertinggi terdapat dalam segelas susu, yaitu sekitar 300 mg. Berdasarkan sebuah penelitian beberapa waktu lalu, mengonsumsi 4 gelas susu sehari secara rutin dapat mengurangi risiko buruk yang mungkin terjadi saat kehamilan. World Health Organization (WHO) juga sependapat tentang hal ini. Menurut WHO, kalsium dalam susu bisa mengurangi berbagai risiko terburuk dalam kehamilan hingga 24%.

Bila rajin mengonsumsi susu sepanjang kehamilan maka risiko Mamas untuk melahirkan prematur atau melahirkan bayi yang meninggal pun rendah. Dan tahukah Mams bahwa wanita hamil yang konsumsi kalsium per harinya kurang dari 1000 mg lebih berisiko mengalami komplikasi serius saat hamil, seperti kemungkinan tinggi kelahiran prematur atau berat badan rendah, risiko meninggal waktu melahirkan karena komplikasi, hingga risiko kematian bayi sesaat setelah dilahirkan.

Pada wanita hamil, kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh janin, baik tulang, otot, dan gigi. Kalsium juga berperan penting bagi fungsi pembekuan darah, fungsi sistem saraf manusia, serta fungsi kerja jantung dan kontraksi otot. Bila tubuh Anda kekurangan kalsium, maka fungsi kerjanya terganggu dan bisa berakibat buruk pada ibu dan janin. Wanita hamil yang kekurangan kalsium juga berisiko mengalami osteoporosis. Sebab bila tubuh Anda dan janin kekurangan kalsium, maka ia akan mengambil dari tulang Anda. Ini tentu bisa mengurangi massa tulang Anda sehingga lebih mudah rapuh. Jadi, sudah tahu kan betapa kayanya kalsium? Penuhi terus kecukupan kalsium Anda ya, Mams. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

 

Shares