Finance

Hindari 6 Kesalahan Selebriti dalam Mengelola Uang

By  | 

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa artis atau selebriti merupakan pekerjaan yang mendatangkan banyak uang. Tak heran, banyak orang yang seolah ‘berlomba’ demi mendapatkan ‘jabatan’ sebagai seorang selebriti. Sayangnya, banyak pekerja di dunia entertainment ini yang tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik, sehingga cepat atau lambat mereka menjadi bangkrut atau bahkan kekurangan uang. Setidaknya ada 7 kesalahan para selebriti dalam memanajemen uangnya,yang harus Anda hindari ya, Mams.

  1. Pengeluaran berlebihan. Memiliki uang puluhan milyar bukan berarti Anda bebas menghabiskannya sesuka hati. Kebanyakan artis kadang tak menyadari bahwa mereka sudah berbelanja dalam jumlah yang sangat besar demi eksistensi dan popularitas. Padahal yang dibeli ‘hanya’ busana, sepatu, atau tas keluaran rumah mode dunia dengan harga ribuan dollar.
  2. Meminjamkan uang kepada keluarga dan teman. Kebanyakan artis sering meminjamkan uang kepada kerabat atau sahabat dan selalu tak ada satupun dari pinjaman itu yang kembali kepada mereka. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk meminjamkan uang kepada orang lain, pastikan dahulu bahwa mereka benar-benar sanggup untuk mengembalikannya sesuai perjanjian.
  3. Mendengarkan saran keuangan yang salah. Pada umumnya, selebriti memiliki konsultan keuangan pribadi. Sayangnya ‘pengetahuan’ mereka soal keuangan kurang luas, sehingga saran yang diberikan oleh konsultan pun dianggap selalu benar oleh mereka. Akibatnya, bukannya keuangan makin membaik malah makin memburuk. So, jangan salah pilih konsultan keuangan ya, Mamas.
  4. Membeli barang mewah. Mobil berharga puluhan ribu dollar hingga gaun bernilai U$ 10.000 merupakan barang-barang mewah yang biasa dimiliki selebriti. Bila barang mewah ini hanya dibeli sesekali mungkin tidak akan jadi masalah. Namun, beberapa selebriti menjadikan barang mewah ini sebagai benda yang sering dibeli sehingga tak terasa keuangan pun makin menipis. Apalagi benda mewah ini bukanlah barang investasi yang nilai jualnya makin naik, tapi malah makin menurut. Sayang sekali kan…
  5. Tak pernah menabung. Pepatah lama yang mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit, tentu pernah Anda dengar ya? Ungkapan bijak ini benar, setiap orang harus memiliki mental untuk menabung, berapapun jumlahnya. Dan kebanyakan selebriti seolah terlena akan pemasukan yang besar, namun lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan dalam tabungan. Akibatnya mereka tak pernah punya account di bank.
  6. Pembeli yang impulsif. Kadang bila uang yang Anda miliki sangat banyak, maka peluang menjadi pembeli yang impulsif akan semakin besar. Ini pula yang terjadi pada para selebriti. Mereka cenderung membeli barang yang disukai tanpa mempertimbangkan apakah mereka betul-betul membutuhkan atau tidak. Akibatnya tanpa disadari, jumlah tas atau sepatu koleksi mereka berjumlah ratusan, padahal masing-masing benda memiliki fungsi sama. Jadi, pertimbangkan dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang tertentu agar Anda tak menyesal kemudian. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares