Interior Design

Desain Dapur Stylish yang Kid Friendly

By  | 

Dapur adalah salah satu area penting dalam rumah. Selain sebagai tempat memasak, Anda juga seringkali menghabiskan quality time bersama keluarga di sini. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan desain yang hangat sekaligus aman untuk keluarga. Ikuti tip inspirasi dapur dari Smart Mama berikut.

  • Mudah dibersihkan. Pastikan Anda memilih material dapur yang permukaannya mudah dibersihkan. Misalnya, granit atau marmer untuk top table, serta material stainless atau laminate yang motifnya dapat dipilih sesuai selera, jika Anda concern dengan budget untuk kitchen cabinet. Hindari penggunaan material kaca karena meski mudah dibersihkan material ini rentan retak atau pecah.
  • Penyimpanan mudah dijangkau. Tempatkan kabinet penyimpanan bahan makanan di bagian bawah agar mudah dijangkau Si Kecil jika ia merasa lapar. Hal ini sekaligus melatih anak untuk mandiri,
  • Penempatan oven. Bagi Anda yang hobi baking pasti membutuhkan oven di dapur, perhatikan peletakannya ya Mamas. Pastikan oven diletakkan agak tinggi agar tidak terjangkau oleh balita Anda.

iStock_000053841388_Small

  • Open kitchen. Dapur terbuka yang menyatu dengan ruang makan serta ruang keluarga akan terasa lebih hangat serta fungsional. Anda dapat mengawasi Si Kecil beraktivitas sambil memasak. Pastikan ada ventilasi udara atau jendela yang cukup sehingga bau masakan tidak menyengat hingga ke ruang keluarga.
  • Little bar. Si Kecil pasti betah di dapur jika Anda memiliki bar. Anda sekeluarga bisa makan pagi atau sekadar snack-ing di tempat ini. Bar juga dapat menjadi solusi jika rumah Anda tidak terlalu luas sebagai pengganti ruang makan, dan tentu saja membuat dapur Anda tampak lebih stylish!
  • Blackboard. Untuk menambah kehangatan dalam dapur Anda, letakkan papan hitam di salah satu sisi dapur. Papan ini berguna untuk mencatat menu atau pesan antar keluarga, serta memberi ruang kreativitas bagi Si Kecil. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares