Beauty & Style

Adakah Perbedaan Skincare untuk Wanita dan Pria?

By  | 

Saat ini perawatan wajah tidak hanya fokus pada wanita. Keluhan kulit yang juga sering dialami pria, membuat berbagai produk skincare khusus pria kini mulai bermunculan.

Kulit wajah yang sehat, bersih, dan terawat tentunya akan menunjang penampilan. Sudah tentu, hal ini juga akan menambah rasa percaya diri saat beraktivitas di luar rumah. Tak hanya bagi kita saja sebagai wanita, namun hal ini juga ternyata berlaku untuk pria lho, Mams! Mulai dari facial wash, sunscreen, hingga moisturizer saat ini juga tersedia untuk pria. Lalu apa sebenarnya yang jadi pembeda antara produk skincare wanita dan pria?

”Sebenarnya tidak ada perbedaan skincare antara pria dan wanita,” ujar Dokter Spesialis Kulit dr. Dia Febrina, Sp.KK. “Basic-nya, kebutuhan skincare pria dan wanita hampir sama. Pertama, yang dibutuhkan adalah cleansing, kedua moisturizing, dan yang ketiga adalah protection,” lanjutnya.

Begitu pula dalam mengatasi masalah kulit, dr. Dia mengatakan bahwa produk skincare yang dibutuhkan sama saja. “Misalnya ada perawatan kulit yang mau lebih difokuskan, maka sama saja ingredients-nya, yang membedakan hanya keluhannya apa. Misalnya sama-sama berjerawat, maka produk yang dibutuhkan adalah skincare yang mengandung niacinamide, AHA, DHA, tea tree oil atau retinol. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa keduanya sama-sama bisa menggunakan produk yang sama,” lanjut dr. Dia.

Dari sini kita bisa memahami bahwa sebenarnya skincare pria dan wanita sama-sama dapat digunakan bersama karena kandungan dan manfaatnya pun sama. Yang jadi pembeda biasanya hanyalah aroma produk tersebut. Skincare khusus pria cenderung memiliki aroma yang lebih maskulin dibandingkan produk wanita yang biasanya memiliki aroma lebih soft. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares