Education

SiDU Raih Rekor MURI Melalui Lomba Menulis Bagi Siswa SD Terbanyak

By  | 

Meningkatkan kompetensi Si Kecil untuk mendukung masa depannya nanti tentu menjadi prioritas setiap orangtua. Selain kemampuan untuk membaca, berkomunikasi, menyaring dan menganalisis informasi, keterampilan menulis juga sangat penting bagi Si Kecil. Keterampilan-keterampilan ini nantinya akan berguna bagi Si Kecil untuk memperluas pengetahuan sekaligus meningkatkan peluang ekonomi yang semakin kompetitif.

Tak hanya itu saja, metode menulis dengan tangan juga dapat melatih kerapihan tulisan dan fokus anak-anak lho, Mams. Jadi, jangan ragu untuk membiasakan Si kecil untuk melatih keterampilan menulisnya!

Hasil karya tulis siswa.

Alasan inilah yang kemudian menggerakkan SiDu, merk buku tulis produksi APP Sinar Mas, menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan Lomba Menulis bagi Siswa SD di seluruh Indonesia. Bersama Majalah CIA, Lomba Menulis bertema “Harta Karun Indonesia” ini telah dilaksanakan pada tanggal 3 Mei hingga 22 Juni 2023 lalu.

Kegiatan yang menyasar siswa Sekolah Dasar kelas 3, 4 dan 5 di seluruh Indonesia ini mendapat sambutan positif dari para siswa dengan terkumpulnya 6.901 karya tulis dengan tangan yang dikirim dari berbagai seluruh penjuru di Indonesia, hingga memecahkan Rekor MURI sebagai “Lomba Menulis Tangan oleh Siswa Sekolah Dasar Terbanyak”. Secara simbolis penyerahan penghargaan rekor MURI di laksanakan di SDN 10 Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada hari Selasa, 22 agutus 2023 lalu. Acara ini dihadiri oleh Widyaprada Ahli Madya Direktorat SD Kemdikbudristek RI Sugiyanto, siswa-siswi SDN 10 Kebon Jeruk, guru, Bapak Mudofar selaku kepala sekolah, perwakilan orang tua murid, Shahnaz Haque selaku praktisi pendidikan keluarga, serta dimeriahkan oleh penyanyi cilik Chico Radella.

Peluncuran buku “Harta Karun Indonesia”.

Yang menarik dari lomba ini, 51 karya terbaik yang terpilih dicetak dalam bentuk buku berjudul “Harta Karun Indonesia”. Dicetak sebanyak 2.000 eksemplar, buku ini akan di distribusikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Harapannya, buku ini dapat memberikan inspirasi bagi para siswa untuk terus menulis.

“Kami menyambut baik bahwa Lomba Menulis Harta Karun Indonesia yang diadakan oleh buku tulis SiDU di tahun 2023 ini ternyata mampu memecahkan rekor MURI. Lomba Menulis ini adalah bagian dari program Ayo Menulis bersama SiDU yang telah kami luncurkan sejak 2017. Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan literasi khususnya kemampuan menulis sejak dini,” ujar Adi Kurniawan, Domestic Business Head Stationery Business Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

“Kami berharap anak-anak semua tidak cepat berpuas diri. Dan tetap mendengar saran untuk mengevaluasi karya kedepannya menjadi lebih baik. Mari dorong anak-anak untuk mencintai karya mereka. Kita percaya bahwa dengan ilmu dapat menaklukkan dunia. Tria Sentra Pendidikan (sekolah, orang tua dan masyarakat) berkolaborasi sehingga anak mendapatkan manfaat dan faedah yang optimal,” lanjut Dr. Sugiyanto, S.IP. selaku Widyaprada Ahli Madya Direktorat SD Kemdikbudristek RI.

Shahnaz dan Chico berinteraksi dengan para siswa SDN 10 Kebon Jeruk – Jakarta.

Founder Majalah CIA Stefanie Augustin juga mengungkapkan bahwa Majalah CIA mendukung penuh dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada SiDU sebagai inisiator kegiatan ini. “Kemampuan menulis dengan tangan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan penguatan literasi anak. Ini adalah sesuatu yang penting dan perlu terus dilakukan,” ungkapnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. SmartMama)

Shares