Beauty & Style

Pentingnya Kebersihan Soft Furniture Guna Atasi Alergi Tungau Untuk Anak

By  | 

Penting sekali bagi kita sebagai orangtua untuk menjaga kesehatan Si Kecil dan melindunginya dari paparan penyakit, termasuk saat berada di rumah. Namun tahukah Anda Mams, bahwa kebersihan soft furniture rumah tangga seperti kasur dan sofa tanpa disadari dapat memicu penyakit bagi Si Kecil.

Setiap harinya, banyak waktu kita dihabiskan di area soft furniture, terutama kasur. Bila dihitung, sepertiga waktu kita dalam sehari berada di atas kasur. Meski seprai sudah rutin diganti, dan sofa selalu terlihat bersih, nyatanya kedua soft furniture ini belum aman untuk Si Kecil. Lalu apa penyebabnya? Jawabannya adalah tungau! Tungau adalah hewan mikroorganisme yang hidup dan berkembangbiak di tempat yang hangat dan lembab, contohnya seperti kasur, sofa dan lain-lain. Di tempat-tempat tersebut banyak terdapat serpihan sel kulit mati manusia yang merupakan makanan bagi tungau.

Namun, sayangnya tanpa kita sadari, kehadiran tungau ini dapat menimbulkan reaksi alergi pada Si Kecil. Alergi ini bisa berupa iritasi pada kulit seperti gatal dan ruam. Kotoran tungau mengandung alergen (zat pemicu alergi) yang pada beberapa kasus dapat memicu gangguan pernapasan pada anak seperti asma, gejala sesak napas, nyeri dada hingga batuk. Oleh sebab itu, kebersihan soft furniture harus selalu diperhatikan agar tungau tidak makin menumpuk dan menyebabkan gangguan kesehatan.

“Batuk pilek biasanya membuat orangtua cemas. Batuk pilek bukan hanya karena infeksi, tapi bisa juga karena alergi. Nah, alergi tidak hanya dicetus oleh makanan. Ada beragam pencetus alergi, misalnya pencetus hirupan seperti tungau, debu, asap rokok, bulu binatang atau pencetus lain seperti udara dingin atau kecoa,” ujar dr.Mesty Ariotedjo, SP.A, Dokter Spesialis Anak dan Founder Tentang Anak.

“Di rumah, yang kadang tidak disadari dan tidak kasat mata adalah debu dan tungau. Dimana sebenarnya pencetus alergi akibat debu dan tungau tersebut dapat dicegah. Salah satu caranya yaitu dengan pembersihan soft furniture secara rutin,” lanjut dr.Mesty di sela-sela acara webinar bertemakan “Cara Tepat Atasi Anak Balita Rentan Alergi Tungau”.

Webinar ini diselenggarakan oleh HydroClean® Untuk mengedukasi para orangtua agar memahami pentingnya menjaga kebersihan soft furniture, serta memahami bagaimana tips untuk mengantisipasi gangguan alergi pada anak.

Mengenal HydroClean®

HydroClean® yang telah berdiri sejak tahun 2015 dan dikenal sebagai pioneer jasa premium pembersih tungau dan debu profesional pertama di Indonesia, selama ini gencar memperkenalkan sistem teknologi HydroAllergenic® yang dikenal sebagai sistem separator serta memiliki daya hisap lebih dari 20.000 rpm yang mampu memisahkan udara, partikel debu dan tungau yang terhisap dengan pengisolasian 99.99% partikel dalam media air sehingga tidak akan beterbangan ke udara, 100% kering dan bebas bahan kimia.

HydroClean® juga memperkenalkan inovasi lainnya dalam layanan mereka yaitu MicroTech-Ray™ berupa teknologi penyinaran UV dan pelepasan gas ozon yang dapat mematikan kuman dan bakteri penyebab penyakit yang ada di udara.

Pratiwi Halim, Founder HydroClean®menjelaskan “HydroClean telah memasuki tahun ke-7 beroperasi, selama ini kami masih melihat banyaknya konsumen yang belum aware akan pentingnya kebersihan soft furniture. Oleh sebab itu, kami tergerak untuk berkolaborasi dengan Tentang Anak dalam mengedukasi masyarakat pentingnya agar memahami bahaya tungau bagi kesehatan anak yang dapat memicu alergi dan berbagai komplikasinya.”

HydroClean melengkapi seluruh HydroCleaners (sebutan untuk para cleaning crew HydroClean®) dengan pelatihan Inhouse Development Center yang merupakan pusat pengembangan internal secara berkala agar dapat membersihkan soft furniture Anda secara menyeluruh sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah sejak pandemi dan selalu ter-update dengan berbagai inovasi dari sisi layanan dan produk.

HydroClean® kini memiliki cakupan layanan terluas yang tersebar di 18 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Medan, Pekanbaru, Palembang, Makassar, Malang dan Bali.

“Kekuatan utama HydroClean adalah dari sisi people development. Kami percaya tim kami yang berada di garda depan bertemu dengan pelanggan setiap harinya adalah wajah dari

HydroClean. Kenyamanan dan keamanan pelanggan serta tim kami akan selalu menjadi prioritas utama sejak awal HydroClean beroperasi. Untuk mendukung hal tersebut, setiap peralatan HydroClean® yang digunakan untuk membersihkan soft furniture pelanggan telah dibersihkan dengan disinfektan yang aman bagi orang dewasa maupun anak-anak,” tutup Pratiwi Halim. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Hydroclean)

Shares