Pleasure

Endeus Festival 2021 : Wujud Komitmen Dukung UMKM Indonesia Semakin Maju

By  | 

Pandemi yang berlangsung hampir dua tahun, perlahan sudah menuntun kita kepada berbagai kebiasaan baru. Mulai dari pembatasan sosial yang mengharuskan kita stay at home, perubahan pola interaksi menjadi serba digital, hingga banyaknya hobi baru bermunculan menjadi trend, salah satunya memasak.

Gaya hidup keluarga pun berubah ya Mams, kita jadi lebih menghargai waktu bersama keluarga, dan lebih concern dengan makanan sehat. Saat ini, kita jadi lebih memperbanyak makan makanan yang sehat dan higienis. Tentunya, situasi ini juga melahirkan begitu banyak peluang dan kesempatan bagi dunia kuliner rumahan, mengembangkan yang tadinya hanya hobi, menjadi usaha yang cukup baik dan sustainable. “Kami melihat begitu banyak pelaku usaha kuliner rumahan baru mulai dan juga pelaku usaha sebelumnya menjadi makin maju,” ujar David Wayne Ika, Chief Executive Officer Endeus.tv.

Kegiatan memasak selain menyenangkan juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari alasan kesehatan, hingga peluangnya sebagai ladang bisnis. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), subsektor kuliner di Indonesia menyumbang Rp 455,44 triliun, atau sekitar 41% dari total produk domestik bruto (PDB) kreatif yang totalnya sebesar Rp1.134,9 triliun pada tahun 2020. Karenanya di tahun ini, Endeus Festival 2021 khusus menyasar sektor UMKM dengan mengusung tema “Empowering UMKM to Elevate Their Business” agar UMKM kian maju.

Berlangsung selama sepuluh hari sejak 22 November, berbagai kegiatan berbasis UMKM dan komunitas, tersaji setiap harinya melalui kanal endeus.tv, untuk memberikan lebih banyak inspirasi bagi para pemasak. Mulai dari Community review, Live Cooking Show langsung dari Kudus, Frugal Cooking Hand & Pan, Ratu Dapur, Mama Cuan, Kultur Rasa, #CobaCoba Nyocol, hingga acara puncak yang akan digelar pada KASKUS TV dan live Instagram Endeus pada Jumat, 10 Desember 2021, pukul 13.00 – selesai.


Pelaksanaan Endeus Festival dibuka dengan talkshow inspiratif membahas Prospek Kuliner Indonesia bersama dengan Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama Smesco Indonesia dan Santhi Serad sebagai Pakar kuliner Indonesia. Selain itu, Mams akan diajak untuk memperdalam pemahaman bisnis kuliner dengan talkshow Basic Culinary Business yang akan membahas cara mencari dan menentukan ide bisnis bersama dengan Danu Sofwan, selaku owner Es Teh Indonesia dan Raja Cendol, dan juga Andreas Resha, Co-founder dan COO Hangry.

Keseruan lain yang bisa dinikmati oleh Mams adalah experience live cooking. Dua tema yang akan dibawakan adalah live cooking “Bisnis Rumahan Korean Food Siap Jual” bersama Kecap Manis Indofood yang akan diramaikan oleh kehadiran Elisabeth Wang dan juga live cooking dengan tema”Elevatenation Kudus Cuisine”, bersama Chef Steby dan 2 siswi dari SMK PGRI 2 Kudus. Tidak hanya itu, Endeus Festival juga menghadirkan promo seru “Flash Sale” serba 10 ribu persembahan dari Kecap Manis Indofood dan Sambal Indofood, dan juga “Flash Sale” berbagai peralatan masak dari Modena dengan harga super miring! Hmm.. Menarik sekali ya, Mams?

Kami optimis dengan recovery yang terus terlihat di Indonesia, kami bersama dengan partner di dunia usaha kuliner dan pelaku usaha tidak sabar untuk melanjutkan trend ini ke depannya dengan rangkaian acara dan program yang lebih besar dan dapat bertatap muka segera di berbagai kota di Indonesia”, ujar David.

Pelaksanaan Endeus Festival ini didukung oleh Kecap Manis Indofood, Sambal Indofood, Jiva Bestasi, dan Cap Enak sebagai sponsor, dan Modena selaku kitchen appliances partner, dan juga Astro selaku groceries partner. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Endeus Festival, Mams bisa cek di endeusfestival.com atau follow akun Instagram @endeusfestival. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. SmartMama.com)

Shares