Health

5 Langkah Pencegahan Covid 19 Pada Anak

By  | 

Ketua Satgas Covid 19 IDAI, dr. Yogi Prawira, Sp.A(K) menyampaikan update terkini dan pesan bagi para orangtua untuk menjaga anak – anak dari penularan virus Covid 19 selama pandemi.

dr. Yogi Prawira, Sp.A(K)

“1 dari 8 kasus konfirmasi Covid 19 di Indonesia terjadi pada usia anak,” ujarnya pada fakta yang dipaparkan melalui webinar “Kasusnya Meningkat! Bagaimana Melindungi Anak dari Covid 19?” (10/7/2021). Selain itu, dinyatakan bahwa penularan virus anak usia < 14 th lebih efektif dibandingkan dewasa. dan berpotensi menularkan virus kepada orang lain, terutama melalui kluster keluarga.

dr. Yogi mengingatkan pentingnya peran orangtua dalam mengajarkan pesan perilaku hidup bersih dan sehat serta kedisiplinan menggunakan masker sebagai salah satu langkah untuk mencegah penularan virus. 5 langkah tersebut diantaranya:

  1. Jangan lupa pakai masker double: Masker medis + masker kain.
  2. Cuci tangan sebelum & sesudah beraktivitas untuk menghentikan penyebaran kuman & virus.
  3. Vaksinasi bagi anak usia 12 – 17 tahun.
  4. Tetap berkegiatan di rumah saja.
  5. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan suplemen, menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga.

Kebutuhan Nutrisi Selama Pandemi

Cukupi kebutuhan anak dengan konsumsi makanan dengan gizi seimbang sesuai saran isi piringku. Lengkapi dengan konsumsi suplemen tambahan yang dibutuhkan sesuai rentang usia dan dosis yang disarankan. Diantaranya vitamin C, D, E, Zink (Fungsinya untuk menghambat aktivitas enzim dan replikasi RNA polymerase dari virus Covid).

Sementara itu, dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa umumnya, 40% anak ternyata defisiensi vitamin D, sehingga olahraga di udara terbuka atau berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Protokol Isolasi Mandiri untuk Anak Selama Pandemi

  1. Pisahkan zona pasien dengan zona bersih, bila tidak memungkinkan upayakan jarak minimal 1 m dengan anak sakit.
  2. Menjaga ventilasi rumah dengan baik, upayakan membuka jendela.
  3. Jika harus menggunakan toilet bersama-sama, maka yang positif Covid 19 dapat menggunakan toilet paling akhir, setelah itu bersihkan dengan larutan klorin sebelum digunakan oleh anggota keluarga lain.
  4. Gunakan masker dalam berkegiatan sehari – hari; masker tidak perlu digunakan saat anak tidur.
  5. Jaga jarak saat tidur.
  6. Pengasuh wajib mencuci tangan sebelum /setelah interaksi.
  7. Jangan makan makanan sisa anak atau menggunakan alat makan anak untuk mengurangi risiko penularan.
  8. Jaga kesehatan tubuh pengasuh dan konsumsi suplemen/multivitamin.
  9. Cuci pakaian anak dan baju luar pengasuh secara terpisah.
  10. Pengasuh harus selalu menggunakan masker dan pelindung mata, sarung tangan sekali pakai dan baju luar yang dapat dicuci.
  11. Desinfeksi ruangan – semua permuakaan ruangan yang dpegang, 2 x sehari.

Lakukan pemantauan suhu tubuh dan saturasi oksigen minimal 2 kali dalam sehari; dan waspadai jika Si Kecil menjadi lemas dan lebih banyak tidur, kesadaran menurun, sesak napas, saturasi oksigen < 95%, kejang, mata merah, ruam ,leher bengkak, demam> 7 hari, tidak bisa makan minum, dan mata terlihat cekung. Segera lakukan konsultasi ke dokter terkait untuk dilakukan pertolongan darurat. (Nathalie Indry/KR/Photo: Freepik.com)

Shares