Health

Manfaat Tomat Bagi Si Kecil

By  | 

Buah yang sering disangka sebagai bagian dari sayur ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil. Hal ini karena tomat mengandung gizi yang cukup lengkap, sehingga baik untuk dikonsumsi Si Kecil secara langsung, maupun diolah terlebih dahulu.  

Kandungan Gizi

Kandungan nutrisi dalam buah tomat sangat beragam, selain mengandung 20 kalori (dalam 1 buah tomat), buah ini juga kaya akan antioksidan, seperti likopen, lutein, beta karoten, dan flavonoid.

Tak hanya itu saja, tomat juga mengandung serat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, kolin, folat, vitamin A, C, E, dan K.

Inilah alasan kenapa tomat sangat disarankan untuk diberikan pada Si Kecil. Nutrisi yang melimpah dalam buah tomat akan bermanfaat untuk:

1.Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, antioksidan, seperti likopen dan betakaroten di dalam tomat diketahui baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal, menjaga irama jantung tetap teratur, dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menjaga kesehatan jantung Si Kecil.

2.Memelihara kesehatan mata

Dibutuhkan vitamin A sekitar 2000–3000 IU atau setara 400–500 RE per harinya bagi Si Kecil untuk memelihara fungsi dan kesehatan matanya. Kebutuhan vitamin tersebut bisa diperoleh melalui makanan yang kaya akan vitamin A atau beta karoten seperti tomat.

3.Mendukung tumbuh kembang

Sebenarnya, Mamas sudah bisa memperkenalkan buah tomat sebagai MPASI pada bayi. Kandungan karbohidrat, protein, serta beragam vitamin dan mineral dalam buah tomat diketahui baik untuk mendukung proses tumbuh kembang Si Kecil.

4.Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A, C, E, likopen, beta karoten, protein, dan zat besi dalam tomat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Daya tahan tubuh yang kuat, akan membantu tubuh Si Kecil melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih jarang jatuh sakit.

5.Mencegah sembelit

Tomat yang kaya serat juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan Si Kecil, sehingga dapat terhindar dari sembelit.

6.Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain dari tomat adalah untuk kesehatan kulit. Hal ini terjadi berkat kandungan likopen, vitamin, A, vitamin C, dan vitamin E di dalam buah tomat, yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, menjaga sel-sel kulit tetap sehat, serta melindungi kulit anak dari bahaya polusi dan paparan sinar matahari berlebihan yang dapat merusak kulit.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi tomat yang berkualitas baik dengan memilih buah tomat berwarna cerah dengan kulit yang mulus tanpa cacat. Dan sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Freepik)

Shares