Health

Ketahui Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI Si Kecil

By  | 

Minyak zaitun atau juga dikenal sebagai olive oil, terbuat dari ekstrak minyak alami buah zaitun, dimana nutrisi didalamnya tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, namun juga untuk Si Kecil.

Menyertakan minyak zaitun di dalam salah satu bahan MPASI Si Kecil, diketahui dapat mendukung perkembangan otak hingga menjaga tubuh Si Kecil dari serangan bakteri.

Di dalam 1 sendok makan minyak zaitun terkandung 119 kalori, 13,5 gram lemak total, 1,9 gram lemak jenuh, 1,4 gram asam lemak tak jenuh ganda, dan 9,9 gram asam lemak tak jenuh tunggal. Mamas tak perlu khawatir, walaupun hanya terdiri dari lemak, namun minyak zaitun mengandung lemak yang sangat menyehatkan dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh Si kecil.

Lalu apa saja manfaatnya? Berikut manfaat minyak zaitun bila secara rutin diberikan pada MPASI Si Kecil:

1.Mendukung perkembangan otak

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh tunggal ini dapat merangsang pertumbuhan sel saraf, sehingga sangat baik bagi perkembangan otak Si Kecil.

2.Menjaga fungsi organ tubuh

Minyak zaitun dikenal dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada bayi. Selain itu, kandungan vitamin E, asam lemak tak jenuh tunggal dan fenol pada minyak zaitun sangat baik bagi fungsi jantung dan pankreas Si Kecil.

3.Terhindar dari bakteri jahat

Nutrisi dalam minyak zaitun dapat menghambat dan membunuh bakteri penyebab infeksi, termasuk bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik. Dengan Mamas menambahkan minyak zaitun ke dalam MPASI Si Kecil, Mamas akan dapat meminimalkan risiko Si Kecil terserang berbagai infeksi, termasuk infeksi saluran pencernaan, yang dapat membahayakan kesehatannya.

4.Terhindar dari pendarahan serius

Vitamin K dalam minyak zaitun sangat baik bagi kesehatan tulang Si Kecil. Vitamin K tersebut juga berperan sebagai pembeku darah yang baik, sehingga Si Kecil dapat terhindar dari berbagai masalah pendarahan yang serius.

5.Terhindar dari obesitas

Kandungan asam lemak tak jenuh yang ada dalam minyak zaitun tidak akan menyebabkan obesitas pada Si Kecil. Sebaliknya, asam lemak tak jenuh ini justru dapat menghambat pembentukan dan penumpukan lemak jahat pada tubuhnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares