Parenting

Perlukah Pendidikan Karakter Diterapkan Pada Anak Sejak Dini?

By  | 

Tak hanya pendidikan secara akademis, namun pendidikan karakter juga sangat penting ditanamkan pada anak.

Mengejar nilai akademis semata ternyata tak bisa jadi jaminan seorang anak akan menjadi sukses saat ia dewasa nanti. Begitu banyak hal yang harus dimiliki oleh anak untuk menghantarkan ia pada kesuksesan, salah satunya yaitu adalah karakter yang kuat.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Dan sejak kapan sebaiknya kita mengajarkan pendidikan karakter pada anak?

Pengertian Pendidikan Karakter

Karakter merupakan cerminan dari kepribadian seseorang secara utuh yang mencakup mentalitas, sikap dan perilaku. Jadi bisa dibilang pendidikan karakter atau sering juga dikenal sebagai character building, adalah pendidikan budi pekerti. Dimana anak belajar tentang tata-krama, sopan santun, dan adat-istiadat.

Menumbuhkan karakter yang kuat pada anak bisa Mamas lakukan dengan memupuk rasa percaya diri anak, mengajarkan bahwa kita harus menaati aturan / tata tertib, bertanggung jawab, sopan santun dan empati.

Sifat-sifat positif seperti sopan santun dan kasih sayang ini tidak muncul begitu saja dalam semalam. Hal itu membutuhkan latihan, kesabaran, dan waktu yang tak sebentar. Oleh karena itu, Mamas sudah bisa mulai mengajarkan pendidikan karakter pada anak sejak dini.

“Pendidikan karakter tak hanya bisa didapat anak dari text book dan pendidikan formal melainkan juga bisa mereka dapat dari guru, orangtua, tetangga, dan lingkungan,” ujar Najeela Shihab di sela-sela acara Webinar “Kelas Pintar – Pendidikan” dalam rangka 2nd Anniversary Sahabat Ibu Pintar.

“Memakai masker dan cuci tangan pun juga merupakan bagian dari pendidikan karakter yang menunjukkan apakah anak sudah mengikuti protokol kesehatan yang telah disarankan pemerintah selama pandemi, atau belum. Begitu juga dengan menyiram tanaman, menjaga bumi, membuang sampah pada tempatnya, atau kebiasaan tidak suka berbohong. Sehingga saat ia besar nanti, ia tak mudah terpapar dengan hal buruk dari luar. Jadi pendidikan karakter sejak dini akan memberikan fondasi nilai yang kuat bagi anak untuk menghadapi dunia luar saat ia dewasa nanti,” lanjut head of sekolah.mu.

Selebriti mama Dona Agnesia pun turut menyadari bagaimana pentingnya pendidikan karakter pada anak semenjak dini.

“Pendidikan dasar kan sebenarnya dari rumah. Orangtua lah yang bertanggung jawab pada anak dalam membangun karakter mereka. Mengajarkan bilang terimakasih, maaf dan minta tolong merupakan hal-hal kecil yang kadang lupa kita ajarkan dan kita contohkan pada mereka.
Contohnya saja, saya punya keponakan yang sulit sekali bilang maaf saat ia berbuat salah. Hal ini terjadi karena ternyata orangtuanya pun juga seperti itu. ” tutur istri dari aktor Darius Sinathrya ini.

“Yang menentukan apakah anak nantinya menjadi orang yang sukses atau tidak itu bukan nilai akademis saja, melainkan juga karakter yang kuat yang jadi fondasi hidup anak sejak kecil,” tutup mama dari Lio, Diego dan Sabrina. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares