Health

7 Makanan Kaya Folat untuk Calon Mama

By  | 

Makanan yang tinggi folat sangat penting bagi calon mama, jadi tambahkan sayuran dan biji-bijian ini ke dalam daftar makanan Anda ya, Mamas to be.

Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B dan folat sangat disarankan bagi calon mama maupun yang sedang mepersiapkan kehamilan. Keduanya sangat disarankan karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

“Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bayi Anda sehat adalah memastikan bahwa Anda makan makanan yang sehat, dengan banyak makan makanan kaya folat,” kata Bethany Thayer, MS, RD, direktur program kesehatan dan strategi di Rumah Sakit Henry Ford di Detroit dan juru bicara American Dietetic Association.

Studi pun menunjukkan bahwa jika semua wanita mengonsumsi asam folat yang direkomendasikan sebelum dan selama kehamilan, risiko NTD dapat dicegah hingga 70%. Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan folat cukup adalah dengan mengonsumsi multivitamin dengan 400 mikrogram asam folat, dan makan makanan yang penuh dengan makanan kaya asam folat seperti berikut ini.

1.Sereal

Sereal tak hanya baik untuk anak-anak. Sebagian besar sereal yang telah diperkaya oleh folat, memasok 100 hingga 400 mcg asam folat dalam setiap setengah cangkir sajian. Konsumsi sereal dengan susu rendah lemak, atau taburkan di atas yogurt Anda. Mamas juga bisa menyimpannya dalam kantong plastik seukuran camilan di laci kantor Anda.

2.Bayam

Setiap setengah cup bayam yang dimasak, mengandung sekitar 100 mcg folat. Bayam ini penuh dengan phytochemical seperti beta karoten dan lutein, yang melindungi Anda dan janin terhadap berbagai jenis kanker. Sajikan bayam sebagai toping lasagna, tumis dengan bawang putih dan santap bersama kentang, atau tambahkan ke telur dadar Anda.

3.Brokoli

Brokoli merupakan sumber antioksidan yang dapat mencegah beberapa jenis kanker tertentu. Brokoli juga kaya serat sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Si Calon Mama. Setiap setengah cangkir brokoli, mengandung 50 mcg folat. Lengkapi pizza buatan sendiri dengan potongan kecil brokoli di atasnya untuk sajian yang berbeda dari biasanya.

4.Asparagus

Asparagus kaya asam folat namun rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan merupakan sumber kalium dan serat yang sangat baik. Empat tangkai asparagus rebus mengandung 85 mcg folat. Carilah asparagus yang kuat dan segar dengan ujung tertutup dan padat yang memiliki diameter yang sama. Semakin besar diameter tombak, semakin lembut asparagus. Potong sedikit ujung batangnya dan masak selama lima hingga delapan menit dalam air mendidih.

5.Pasta

Setiap calon mama membutuhkan banyak energi, dan pasta adalah karbohidrat yang memasok glukosa, bahan bakar dasar bagi tubuh Anda. Pilih pasta gandum, yang lebih lambat dicerna tubuh dan memberikan aliran energi yang lambat dan stabil; seratnya juga lebih tinggi daripada pasta jenis putih. Satu cangkir pasta yang dimasak menyediakan 100 mcg asam folat.

6.Blewah

Buah manis yang lezat ini kaya akan vitamin A dan C, dan sumber folat yang baik; seperempat blewah atau cantaloupe menyediakan 25 mcg. Untuk memilih blewah matang, ketuk dengan telapak tangan Anda dan dengarkan suara hampa, dan pastikan tidak ada memar atau bintik-bintik yang terlalu lunak. Kulitnya harus berwarna kuning atau krem ​​(jika berwarna hijau, tidak matang). Cium aromanya,  seharusnya agak manis, tetapi jangan terlalu berlebihan. Bau yang kuat menandakan buah terlalu matang.

7.Telur

Telur padat nutrisi, memasok banyak nutrisi dengan jumlah kalori yang sangat kecil. Telur adalah sumber protein yang bagus dan mengandung hampir setiap vitamin esensial, termasuk 25 mcg folat. Pilih telur yang diperkaya omega 3 dan mengandung asam docosahexaeonic (DHA). Simpan beberapa telur rebus di lemari es untuk camilan siap saji. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares