Career

6 Langkah Agar Work from Home Berjalan Efektif

By  | 

Memasuki era industri 4.0, banyak perusahaan lokal & multinasional menjajaki wacana “work from home” untuk efektivitas pekerjaan. Tetapi sebagai seorang mama, wacana ini justru menjadi wacana tersendiri karena keberadaan anak – anak di rumah. Harus bagaimana, ya?

Siapkan corner “khusus”

Agar lebih fokus dan serius, siapkan salah satu sudut rumah yang dapat di remake menjadi ruang kerja. Misalnya di sudut kamar, ruang keluarga, atau halaman belakang rumah. Mengutip tips dari Ellen DeGeneres soal menyiapkan home office, Ia mengungkapkan “Produktivitas kerja dimulai dari postur tubuh yang baik. Jangan lupa duduk yang tegak pada kursi kerja dan letakkan kaki di lantai secara tegak lurus.”

Nap time juga penting!

Ariana Huffington, jurnalis sekaligus publik figur berbagi pengalaman saat harus bekerja dari rumah. Ia menyatakan bahwa nap time, atau dalam hal ini istirahat di sela – sela waktu bekerja juga penting, karena dapat meningkatkan produktivitas hingga 34%. Menyempatkan waktu tidur siang bersama anak – anak di rumah bisa jadi waktu yang tepat!

Buat to do list

Apa saja yang harus dikerjakan selama 1 hari penuh berada di rumah? Jelaskan beserta gambaran waktunya, dan buat alarm sebagai reminder. Agni Pratistha berbagi pengalaman membagi waktu dan menyediakan aktivitas harian untuk ketiga anaknya di rumah melalui jadwal sederhana yang bisa diaplikasikan.

Break dari sosial media

Karena bekerja di rumah berarti juga mengurus anak – anak 24 jam, dari pengalaman SmartMama waktu untuk aktif di sosial media adalah di pagi hari saat anak – anak belum bangun, siang hari saat anak – anak tidur (sesaat), dan malam hari saat mereka sudah tertidur. Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya Mamas disiplin menerapkan aturan ini. Karena jika tidak, waktu kita akan justru habis untuk mengurus anak – anak di rumah.

Mandi & gunakan baju rapi

Sering dianggap remeh, tapi sebetulnya fungsinya sangat penting. Dengan melakukan keduanya, mamas akan selalu ingat bahwa sedang melakukan pekerjaan penting yang perlu diselesaikan. Terlebih, saat ada undangan virtual meeting dengan kolega atau tim.

Atur waktu lebih pagi

Pagi hari saat anak – anak belum bangun, tidak ada salahnya mempersiapkan segala kebutuhan rumah mulai dari membersihkan rumah hingga memasak. Saat mereka sudah bangun, mamas tinggal memandikan & sarapan bersama. Waktu setelahnya saat mereka bermain dapat dimanfaatkan untuk bekerja. Jika memungkinkan, atur waktu bergantian dengan suami untuk menemani mereka bermain dan bekerja. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares