Interior Design

‘Food Plating’ untuk Penyajian Makanan yang Lebih Menggugah Selera

By  | 

Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan ribuan makanan khas daerah yang tidak hanya sedap dirasa, tapi juga merangkum berbagai elemen budaya daerah dan masyarakat. Mulai dari bahan yang digunakan, cara memasak, bahkan juga kisah-kisah legenda yang menyertai hidangan tersebut. Kelezatan yang berpadu dengan berbagai kekayaan budaya tentulah akan menjadi sajian luar biasa yang dapat dihidangkan bagi siapa saja yang mencicipinya.

Meski kelezatan dan aroma makanan merupakan hal utama yang harus ada dalam setiap jenis makanan, namun sebenarnya cara penyajian atau penataan yang optimal juga dapat meningkatkan apresiasi kita terhadap sebuah hidangan lho, Mams.

 

Plating Photo-1 by ZEN

 

Menurut William Wongso, pakar kuliner yang juga seorang aktivis makanan Indonesia, “Dalam dunia memasak, teknik penataan masakan atau hidangan atau yang juga kerap disebut sebagai seni “Food Plating” menjadi sesuatu yang juga perlu diperhatikan. Seni “Food Plating” adalah cara penataan dan penyajian makanan di atas piring atau piranti lainnya dengan memperhatikan posisi dan komposisi makanan untuk menunjukkan nilai seni dan citarasa yang tinggi,” lanjutnya.

Food Plating ini banyak dilakukan oleh professional chef atau celebrity chef yang memang terlatih dan berpengalaman. Namun, penyajian hidangan ini dapat pula dipelajari dan diterapkan untuk sajian sehari-hari di rumah. Dan kesadaran akan nilai artistik dari food plating ini kini mulai bisa sering kita lihat di berbagai media sosial, dimana tak hanya food bloger saja, namun juga masyarakat awam seperti kita mulai mengunggah foto-foto hidangan dengan penyajian yang menarik.

 

William Wongso - Pakar kuliner dan Brand  Ambasador Zen Tableware, Vivi Anggara - Managing Director Indo Porcelain, dan Santhi Serad - Ketua ACMI.

William Wongso – Pakar kuliner dan Brand Ambasador Zen Tableware, Vivi Anggara – Managing Director Indo Porcelain, dan Santhi Serad – Ketua ACMI.

 

Zen Tableware, merk piranti saji dari Indo Porcelain yang telah membuat perangkat makan berkualitas selama lebih dari 35 tahun, juga menyadari tren yang terjadi saat ini. Oleh karenanya, berbagai piring dan piranti makan yang diproduksinya kini telah hadir dengan desain dan corak yang artistik dan semakin beragam, sehingga siapapun akan terinspirasi untuk menyajikan masakan mereka dengan sebaik-baiknya.

“Kami berharap agar para mama di rumah dan para chef profesional tidak saja memikirkan bagaimana menghadirkan masakan yang lezat, tetapi juga menyadari pentingnya seni penyajian hidangan,” terang Vivi Angara, Managing Director Indo Porcelain.

Untuk meningkatkan apresiasi terhadap peran dari seni dan tatacara penyajian hidangan, terutama masakan Nusantara, Zen Tableware dari Indo Porcelain, bekerjasama dengan Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) dan William Wongso Kuliner (WWK) menggelar “ZEN Food Plating Competition 2017”. Kompetisi Zen Food Plating Indonesia ini merupakan bagian dari misi Zen Porcelain Tableware untuk membawa tradisi kuliner Indonesia ke taraf yang lebih tinggi untuk dapat diikuti para generasi muda juru masak profesional dan non profesional.

Perwakilan dari Zen Tableware, WWK serta ACMI akan menjadi juri dalam kompetisi yang akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, sejak hari Selasa – 31 Oktober 2017 hingga awal Desember 2017 mendatang.

 

Foto-5 (1)

 

“Kompetisi ini akan dibagi ke dalam dua kategori, yakni untuk kalangan profesional dan non-profesional,” Santhi Serad dari ACMI menjelaskan. “Dalam tahap awal penyeleksian, penyelenggara kompetisi akan melakukan sistem seleksi berbasis media sosial yakni di Instagram dan Facebook mulai Selasa, 31 Oktober 2017 hingga Senin, 20 November 2017 mendatang,” lanjutnya.

Para peserta diwajibkan membuat dua karya food plating untuk menu utama (main course) dan hidangan penutup (dessert) dalam porsi individual. Tertarik mengikuti kompetisi ini, Mams? Cek dan follow Instagram @Zentableware untuk syarat dan kententuannya ya. (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. Zen Tableware)

Shares