Mind

Puber Kedua, Mitos atau Fakta?

By  | 

Jika selama ini puber kedua lebih sering dikaitkan dengan pria, maka sebenarnya wanita pun mengalaminya lho, Mams. Biasanya, puber kedua ini dialami oleh wanita berusia 35 ke atas. Menurut Dr. Angela Caswell-Monack, seorang ahli kandungan asal Pennsylvania, di usia ini wanita kerap mengalami berbagai perubahan pada tubuh. Hormon Anda akan berubah sehingga seringkali para wanita di usia ini mengalami hot flush, sulit menurunkan berat badan, kulit lebih kering, juga mood swing. Hal ini kerap memengaruhi tingkah laku dan keinginan untuk membuktikan bahwa Anda baik-baik saja dan masih layak untuk “dilirik”. Jadi Mams, puber kedua adalah fakta.

Nah berdasarkan survei kecil-kecilan yang kami lakukan, ini ciri-ciri Anda tengah mengalami puber kedua dan cara mengatasinya;

  • Gemar berdandan. Well, menurut Smart Mama hal ini sangat positif lho. Dengan berdandan, Anda akan terlihat lebih segar. Namun demikian, pastikan make up yang digunakan aman, dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi. Jangan sampai jadi berlebihan, bila perlu ikuti kelas make up yang dapat membantu Anda menemukan riasan yang tepat.
  • Merawat diri, mulai dari spa, rajin ke salon hingga berolahraga rutin. Yes, hal ini juga positif, kulit Anda menjadi terawat, tubuh pun kian bugar. Pastikan olahraga yang Anda pilih sesuai dengan situasi Anda, jangan sampai justru menimbulkan masalah.

Selfie

  • Ingin tampil sempurna. Jangan heran jika kini Anda bak remaja umur 17 tahun yang gemar berlama-lama di depan kaca untuk memastikan tampilan sudah maksimal atau belum. Di tahap ini, Anda memang kembali ingin tampil sempurna di berbagai kesempatan, sehingga dari atas sampai bawah wajib mengenakan outfit yang selaras.
  • Senang mendapat perhatian. Misalnya dipuji cantik, dan berbagai perhatian lain. Untuk yang satu ini sah-sah saja, namun hati-hati ya, Mams, jangan sampai keinginan Anda untuk diperhatikan menjadi kelewat batas. Tak perlu menanggapi perhatian yang berlebihan dari pria lain.
  • Selfie, selfie, selfie… Jika dulu postingan Anda di sosial media didominasi dengan foto anak dan makanan, kini kok Anda ingin sekali ya posting foto-foto Anda sendiri. Maklum saja, setelah melakukan berbagai perawatan dan olahraga rutin tentu Anda cukup percaya diri dengan tampilan baru Anda. Rasanya tidak masalah ya, Mams dengan hal ini, sosial media kan akun pribadi Anda. Hanya saja mungkin Anda bisa menambahkan unsur seni pada foto-foto Anda sehingga followers Anda tidak bosan dan justru terinspirasi.
  • Keinginan bercinta yang lebih tinggi. Yang satu ini wajib dikomunikasikan dengan pasangan ya, Mams, agar ia mengerti keinginan dan fantasi Anda kala bercinta. Siapa tahu ia ikut menikmatinya kan?

Tak perlu bingung atau malu jika Anda mengalami hal ini ya, Mams, karena pada dasarnya puber kedua adalah tahap dalam kehidupan yang memang akan dilewati semua wanita (juga pria). Nikmati saja perubahan-perubahan yang ada. Jangan lupa untuk selalu komunikasi dengan pasangan juga sahabat untuk mengingatkan Anda jika perilaku Anda sudah melewati batas. Enjoy your life and stay fabulous! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares