Health

Contoh Gizi Seimbang dalam Menu Makanan

By  | 

Panduan pola makan 4 sehat 5 sempurna telah digantikan dengan pedoman “gizi seimbang’ sejak awal tahun 1990an. Dinyatakan tidak dapat berlaku sama untuk semua orang berdasarkan usia, status kesehatan, dan aktivitas fisik, lalu apa & bagaimana contoh menu, serta porsi makanan yang disarankan untuk menjadi konsumsi keseharian? Berikut informasinya, Mams.

tumpeng-gizi-seimbang

Prinsip makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi dalam keseharian adalah bersih, aman dikonsumsi, dan bergizi. Aman dikonsumsi berarti tidak mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan, misalnya zat pewarna atau tambahan lainnya. Melalui gambar di atas, luasnya potongan bagian menunjukkan porsi makanan yang harus dikonsumsi per hari.

Sebagai contoh, gunakan panduan pilihan menu berikut:

Sarapan pagi: Pilihan makanan tinggi protein & karbohidrat untuk memberi energi pada tubuh.

  1. Oatmeal; campurkan aneka buah atau butiran jagung di dalam sup oatmeal Anda.
  2. Roti. Dalam 100 gram roti memberikan energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi.
  3. Pancake; tuang saus karamel rendah gula diatasnya.
  4. Susu/air mineral sebagai sumber energi dan mencegah dehidrasi.

People eating dinner

Makan Siang: Pilihan makanan tinggi serat & karbohidrat untuk mempertahankan energi, serta berkalori rendah untuk menghindari rasa kenyang berlebihan.

  1. Sayuran dalam sup.
  2. Nasi merah: Kandungan gulanya lebih sedikit dibandingkan nasi putih, nasi merah tidak akan membuat Anda merasa kekenyangan dan mengantuk.
  3. Tempe/kacang – kacangan.
  4. Daging ayam/sapi, yang mengandung protein, energi, serta vitamin B 12.
  5. Air mineral.

Makan Malam: Pilihan makanan mengandung karbohidrat, protein rendah lemak, vitamin, serta mineral. (Baca: Aturan Makan Malam Sebelum Tidur)

  1. Sereal/susu gandum; tidak mengandung gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah saat beristirahat.
  2. Nasi merah secukupnya.
  3. Ikan kaya protein.
  4. Buah – buahan.
  5. Air mineral.

Disela – sela waktu makan, mamas dapat menambahkan konsumsi buah – buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Sebenarnya, porsi sayur dan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang dewasa setiap hari adalah 400-600 gram. Dari porsi tersebut, 2/3 terdiri dari sayur dan 1/3 nya adalah buah. Stay happy and healthy! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares