Health

Hari AIDS Sedunia di Mata Smart Mama

By  | 

Yes Mams, today is World’s AIDS Day! Mengapa hari ini begitu penting untuk diperingati? Menurut Michael Sibide, Executive Director of UNAIDS, di tahun ini seluruh dunia memperingati hari AIDS untuk mendukung 78 juta orang yang terinfeksi virus HIV dan mengenang 35 juta orang yang meninggal akibat pernyakit tersebut. Seluruh dunia berkomitmen untuk mengakhiri penyakit ini di tahun 2030. Lalu bagaimana para smart mama memandang peringatan hari penyakit yang seringkali dianggap memalukan ini?

“Menurut saya hari AIDS sangat penting untuk diperingati untuk kembali mendalami tentang penyakit yang satu ini. Apa saja penyebabnya, bagaimana mencegahnya, serta bagaimana jika memiliki anggota keluarga atau teman yang mengidap penyakit ini. Karena hingga hari ini, banyak sekali orang yang salah informasi sehingga mengucilkan pengidap HIV. Hari AIDS ini juga dapat menjadi momen bagi kita semua untuk bersama-sama mencegah penyakit ini dengan menjaga perilaku dan gaya hidup.”
Katalia, 36 tahun, mama dari 2 anak

“Bagi saya sih, hari ini wajib diperingati sebagai bahan renungan untuk kita semua agar lebih mawas diri. Dan khusus bagi pengidap HIV, hari ini adalah hari di mana mereka tidak merasa ‘sendirian’ dan terkucil. Mencegah penyakitnya bukan berarti menjauhi pengidapnya. Dan untuk para dokter dan ahli, tentu diharapkan dapat menemukan obat atau vaksin untuk penyakit ini.”
Vera Imelda, 32 tahun, mama dari 2 anak

“Untuk saya, hari ini adalah hari penting di mana saya selalu mengingatkan para sahabat saya yang jujur saja memiliki potensi mengidap penyakit ini untuk memeriksakan diri dan lebih berhati-hati. Dan bagi yang sudah terkena penyakit ini, saya menghimbau teman-teman untuk tetap saling menghormati, menyayangi dan memberikan support penuh bagi mereka.”
Indy Arlia, 29 tahun, mama dari 1 anak

https://m.youtube.com/watch?v=HrKmDgk8Edg

Sementara itu, penyanyi Alicia Keys yang juga mama dari 2 orang anak mengatakan keterlibatannya dalam dalam kampanye AIDS setelah mengunjungi tempat pengobatan anak-anak pengidap HIV di Afrika Selatan. Sejak saat ini ia dan rekannya, seorang aktivis AIDS, Leigh Blake menggalakkan kampanye “Keep A Child Alive” demi menyelamatkan para bayi dari penyakit ini. Ia bahkan menulis lagu “We are Here” untuk mendukung kampanye tersebut.

Well Mams, di hari ini ada baiknya kita semua lebih mengenal lagi penyakit menjadi momok bagi masyarakat dunia ini dengan memperbanyak pengetahuan tentang HIV/AIDS. Dan yang harus diingat adalah jauhi penyakit ini bukan menjauhi pengidapnya. “HIV doesn’t make people dangerous to know. So you can shake their hands and give a hug. Heavem knows they need it” – Princess Diana (Karmenita Ridwan/ Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares