Health

Olahraga Malam Hari: Amankah Dilakukan?

By  | 

Hi Mams, sudahkah Anda berolahraga hari ini? Rutinitas yang padat terutama saat pagi hari seringkali membuat kita tidak sempat melakukannya, ya. Padahal, untuk kondisi kesehatan yang prima, kita disarankan melakukan latihan paling tidak 30 menit sehari. Lalu, bagaimana bila free time yang Anda miliki untuk berolahraga justru pada malam hari? Sebuah studi yang dilakukan oleh Clinical Research Center di Universitas Chicago menyebutkan bahwa mereka yang berolahraga setelah bekerja seharian justru dapat mencapai tingkat kebugaran yang lebih tinggi dibandingkan pada waktu lain. Dengan kata lain, olahraga malam hari tetap aman untuk dilakukan. Yang terpenting adalah kondisi tubuh yang bugar sebelum memulai olahraga.

Women's running shoes and dumbbells for training

Perbedaan manfaat olahraga pagi & malam hari.
Profesor Ilmu Olahraga Terapan dari Inggris, Lara Carlson, Ph.D mengungkapkan bahwa olahraga pagi dan malam memiliki manfaat  serta tujuan yang berbeda. “Olahraga pagi lebih bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan/meningkatkan kebugaran tubuh karena kalori yang terbakar akan lebih banyak.”, ujarnya. Sementara olahraga malam akan membantu relaksasi tubuh setelah seharian bekerja karena aktivitas enzim dan fungsi otot yang meningkat.

Manfaat olahraga malam:
1. Membantu mengatasi masalah tidur seperti insomnia karena hormon endorfin akan dilepaskan saat sesi olahraga. Hal ini akan merangsang otak untuk beristirahat dan memperbaiki mood.
2. Membantu merelakskan tubuh.
3. Olahraga di malam hari dinilai lebih efektif untuk membakar keseluruhan kalori yang terdapat pada tubuh setelah konsumsi makanan selama satu hari penuh.

Well, pada dasarnya, Anda tetap bisa melakukan olahraga pada jam berapapun kok Mams, termasuk saat malam hari. Hanya saja yang perlu diingat untuk tidak memaksakan batas kemampuan tubuh dengan latihan yang dilakukan, ya. Termasuk tidak melupakan sesi pemanasan sebelum dan setelah melakukan olahraga untuk mempersiapkan peregangan otot tubuh. Healthy mamas, healthy babies. Selamat berolahraga! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares