Finance

3 Cara Kelola Investasi Emas

By  | 
Salah satu cara investasi yang aman dan direkomendasikan bagi keluarga selain tanah & deposito adalah emas (Baca: Lebih Jauh Tentang Investasi Emas). Nah, jika saat ini Anda telah memiliki tabungan atau simpanannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelolanya lho, Mams. Tidak semata Рmata untuk meraup keuntungan investasi, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan membuka peluang bisnis. Simak pembahasannya, yuk.

1. Jual beli. Cara ini merupakan metode investasi emas paling umum yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu dengan cara membeli emas saat harganya murah, kemudian menjualnya saat harga tinggi. Keuntungan didapat dari selisih nilai jual beli. Cara ini terbilang cukup efektif karena harga emas setiap tahunnya selalu meningkat  sekitar 20%. Untuk mengetahui update harga emas setiap harinya, Anda bisa mengunjungi situs harga emas.

2. Tabungan emas. Metode ini lebih cocok diaplikasikan bagi Anda dalam pemenuhan sebuah kebutuhan keluarga, misalnya pendidikan anak, traveling, atau DP KPR. Caranya, kalkulasikan biaya yang dibutuhkan untuk tujuan tersebut, lalu konversikan dalam bentuk emas. Misalnya: Kebutuhan dana sebesar Rp 20 juta untuk biaya masuk sekolah Si Kecil 2 tahun lagi (setara dengan 37 gram emas). Maka Anda bisa membeli satuan gram emas dari sekarang, dan tidak menutup kemungkinan dapat menikmati keuntungan karena harganya yang cenderung naik setiap tahunnya.

3. Gadai emas. Untuk Anda yang memiliki impian mewujudkan ide bisnis, manfaatkan investasi emas milik Anda untuk digadaikan. Pilih bank syariah yang akan memberikan nilai gadai emas paling tinggi dan biaya gadai paling rendah, lalu gunakan uang tersebut untuk biaya operasional bisnis. Nantinya, jika bisnis Anda sudah berjalan lancar, bayarlah cicilan gadai emas secara rutin dari keuntungan usaha tersebut untuk kemudian dapat ditebus secara keseluruhan. Keuntungan bisnis diperoleh, begitu juga dengan investasi emas Anda yang kembali utuh.

Selain memberikan keuntungan secara materi, cara – cara tersebut akan melatih insting bisnis Anda lho, Mams. Selamat berinvestasi! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares