Career

9 Cara Komunikasi Efektif di Kantor

By  | 

Dunia kerja memang berbeda ya, Mams, di kantor Anda kerap menemui banyak orang dengan karakter serta latar belakang yang juga berbeda. Nah untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang maksimal agar pekerjaan dan sosialisasi Anda tetap lancar. Apalagi jika posisi Anda sebagai atasan. Berikut 9 cara efektif untuk menerapkan komunikasi di kantor.

  1. Buat suasana kantor yang seru. Berdiskusi santai seputar pekerjaan bisa jadi seru lho, Mams. Anda tidak harus melulu berada di belakang meja kerja kan. Ajak para rekan kerja untuk duduk bersama sambil minum kopi dan membahas pekerjaan secara santai.  Hal ini akan menambah keakraban juga kesempatan bagi Anda untuk menilai opini dan kinerja mereka. Sesekali adakan juga outing kecil seperti karaoke atau ke bioskop bersama.
  2. Betul-betul mendengarkan. Saat ada rekan kerja yang memberikan pendapat atau bahkan kritik, Anda bukan sekadar mendengarkan, namun harus mencerna apa yang ia katakan. Hal ini akan membuat para rekan kerja merasa didengarkan dan menaruh rasa percaya pada Anda.
  3. Jaga emosi Anda. Mengumbar emosi di kantor memang berbahaya dan karier Anda yang jadi taruhannya. Maka dari itu menjaga emosi sangat penting. Meskipun Anda sudah sangat kesal dengan salah satu rekan kerja, cobalah untuk selalu berpikir bahwa masalah pekerjaan bukanlah masalah pribadi. Hal tersebut akan memengaruhi sikap Anda di kantor.
  4. Menaruh kepercayaan. Yang satu ini juga penting lho, Mams. Anda tidak mungkin mengerjakan segala hal kan, cobalah untuk menaruh kepercayaan pada rekan kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  5. Menjadi jembatan antara bawahan dengan manajemen perusahaan. Sebagai seorang atasan, Anda harus mampu menjadi jembatan antara manajemen perusahaan dengan orang-orang yang bekerja di bawah Anda. Misalnya mengusahakan kenaikan jabatan maupun gaji bagi bawahan yang berprestasi.
  6. Selalu memberikan feedback yang positif. Sesibuk apapun Anda, hindari memberi feedback negatif saat orang mencoba berkomunikasi dengan Anda. Layani saja dulu, setelah beberapa lama Anda dapat memberitahu mereka bahwa Anda sedang sibuk dan secepatnya akan menghubungi kembali.
  7. Hargai perbedaan budaya. Kolega dan klien Anda pasti beragam, dan bisa jadi berasal dari negara yang berbeda. Agar komunikasi terjalin dengan baik, pelajari budaya mereka masing-masing ya, Mams. Menghargai budaya orang lain sangat berpengaruh terhadap karier maupun kehidupan Anda sendiri.
  8. Komunikasi secara langsung. Dewasa ini Anda memang sudah dimudahkan untuk berkomunikasi melalui email juga short message service melalui smart phone. Tetapi Mams mengenal seseorang secara langsung akan memberikan dampak yang berbeda. Jika ia berbicara langsung dengan Anda maka ia akan merasa memiliki hubungan pribadi dan selalu ingat pada Anda.
  9. Atasi konflik dengan diplomatis. Konflik di tempat kerja memang sulit dihindari. Kuncinya tetap jaga emosi dan bersikap diplomatis. Saat emosi melanda, ada baikya Anda menenangkan diri terlebih dahulu kemudian kembali dengan sikap yang lebih bijak dan diplomatis. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares