Mind

Mengenali Ciri Si Sok Pintar

By  | 

Mungkin Anda pernah berjumpa dengan tipe orang yang seperti ini. Sekilas mungkin tak mudah mengenalinya, namun bila ia adalah rekan sekantor, atau suami dari sahabat, mungkin lama kelamaan Anda akan mulai berpikir, ‘Benarkah ia sepintar itu?’, atau  ‘Apa iya, ada orang yang tahu segalanya?’. Agar tak tertipu dengan tipe orang yang sok pintar, yuk kenali ciri-cirinya.

  • Banyak bicara. Sebagian orang lebih suka aktif bicara daripada jadi pendengar yang baik. Dan itu adalah salah satu ciri orang yang ‘Sok Pintar’. Dengan menjadi pendengar yang baik, maka ia mungkin akan menerima pertanyaan-pertanyaan sebagai feedback orang yang mendengarkan ceritanya. Dan tentunya ‘Si Sok Pintar’ tak ingin kelabakan kalau harus menghadapi pertanyaan yang sebenarnya tak ia kuasai sepenuhnya.
  • Cerita penuh bualan. Topik yang ia bicarakan sebenarnya sarat akan bualan. Ia lakukan ini sebagai cara untuk membangun citra yang hebat di depan orang-orang sekitarnya. Agar mendapat pujian atau sekadar menciptakan citra baik, ia bahkan rela menjabarkan poin-poin yang sebenarnya tak ada.
  • Tahu semua hal. Sering mendengar kalimat, ‘tak ada manusia yang sempurna’? Ya, manusia memang tak ada yang sempurna, begitu pula dengan Si Sok Pintar tadi.  Namun baginya, ia tak boleh terlihat tak memahami suatu hal, apalagi mengakui ketidakmampuannya. Ia harus terlihat tahu semuanya, dan ahli dalam semua bidang.

  • Sombong dan suka meremehkan orang lain. Baik dilakukan dengan sengaja atau tidak, tipe orang seperti ini seringkali akan meremehkan orang lain. Ia tak percaya kalau ada orang lain di luar sana yang lebih hebat dan ahli daripada dirinya.

  • Anti kritik. Karena merasa sudah menguasai semua hal, maka ia tak akan bisa menerima kritik dari orang lain. Baginya ia sudah sempurna, dan orang lain yang tak tahu lebih banyak darinya, tak punya hak untuk mengkritiknya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com

Shares