Health

5 Cara Alami untuk Merangsang Persalinan

By  | 

Mendekati masa persalinan tentunya sangat mendebarkan ya, Mamas to be, apalagi bila ini merupakan kehamilan pertama. Kegelisahan calon mama tentunya juga akan semakin meningkat saat kandungan memasuki usia 40 minggu, tapi belum juga terlihat tanda-tanda kelahiran. Wajar saja hal ini terjadi, selain kemungkinan persalinan harus dilakukan secara Caesar, kesehatan janin dalam kandungan juga berisiko. Untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal kok yang bisa Anda lakukan untuk dapat mempercepat proses persalinan, seperti yang berikut ini:

  1. Banyak berjalan kaki. Jalan kaki merupakan aktivitas yang dapat merangsang janin agar lebih cepat berada di posisi jalan lahir. Selain itu, jalan kaki juga dapat memperkuat otot dan melancarkan sirkulasi darah wanita hamil. Saat jalan kaki posisi tubuh calon mama juga harus dalam posisi yang benar, karena itu Anda harus berdiri tegak sehingga posisi tubuh tidak condong ke arah belakang. Berjalan kaki juga bisa mempercepat proses konstraksi. Hal ini terjadi karena posisi tubuh yang tegak bisa menekan leher rahim dan bisa mendorong dan kemudian merangsang konstraksi.
  2. Senam hamil.  Salah satu manfaat senam hamil adalah untuk melemaskan otot-otot di sekitar jalan lahir hingga memudahkan janin mengarah ke jalan lahir sehingga persalinan lebih lancar. Pastikan Anda mendapatkan bimbingan dari ahli yang kompeten dan berpengalaman saat melakukan senam hamil ini.
  3. Melakukan hubungan intim. Berdasarkan penelitian, sperma pria yang mengadung prostaglandin bisa mengakibatkan kontraksi pada rahim dan menyebabkan mulut rahim terbuka. Layak dicoba, Mams!
  4. Melakukan stimulasi terhadap puting payudara. Stimulasi payudara ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan suami. Tindakan ini dapat merangsang hormon oksitosin yang bisa membuat rahim mengalami konstraksi. Namun jangan melakukannya secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan konstraksi panjang dan kuat hingga mengakibatkan aliran darah menuju janin menjadi terhambat.
  5. Relaks. Merasa cemas menjelang masa persalinan, sangat wajar dialami oleh setiap calon mama. Tapi sebisa mungkin Anda kurangi ya, Mamas to be. Anda bisa meredakan rasa cemas dengan berbagi kepada dengan suami, ibu, sahabat yang sudah memiliki anak, bidan, atau juga dokter kandungan Anda.  Melakukan me time juga bisa membuat Anda lebih relaks. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares