Career

Tanda Anda Berada pada Pekerjaan yang Salah

By  | 

Q: Sudah lima bulan ini saya bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan IT. Entah mengapa rasanya saat ini saya merasa kalau ini bukan pekerjaan tepat bagi saya. Sepertinya pekerjaan saya saat ini tak membuat saya bersemangat bekerja dan mengejar jenjang karier yang ada. Apakah saya berada pada pekerjaan yang salah?

Riana, 28 tahun, mama dari Azka 2 tahun

A: Sukses dalam karier adalah keinginan hampir semua wanita bekerja. Pemilihan karier yang tepat juga berpengaruh positif bagi hidup Anda karena melakukan sesuatu yang membahagiakan Anda. Di sisi lain, jika Anda terjebak dalam karier salah, hidup Anda akan terasa berat dan tak bahagia.

Lalu apakah saat ini Anda berada pada pekerjaan salah? Ketahui tandanya di artikel berikut.

  1. Mengeluh. Seringkali Anda mengeluh dan tidak puas dengan tugas yang dikerjakan. Ciri ini jelas menunjukkan bahwa pekerjaan saat ini tidak lagi membuat Anda bahagia, dan kemungkinan pekerjaan tersebut juga bukan pekerjaan tepat untuk Anda.
  2. Tidak merasa bangga. Ketika seseorang menanyakan tentang pekerjaan Anda sekarang, Anda tidak bersemangat menceritakannya dan malah buru-buru mengalihkan topik tersebut.
  3. Malas pergi bekerja. Pekerjaan yang sesuai passion akan membuat Anda bersemangat di pagi hari dan bahkan tak sabar mengerjakan tugas-tugas. Jadi, jika Anda merasa malas dan merasa terpaksa berangkat ke kantor, bisa jadi pekerjaan saat ini tak sesuai dengan passion Anda.
  4. Tak mengejar prestasi. Orang yang menyukai pekerjaannya cenderung akan bekerja sebaik mungkin demi mendapatkan nilai terbaik. Jika Anda tak memiliki motivasi untuk itu, maka seluruh potensi yang dimiliki tak akan terlihat.
  5. Berjuang melewati hari. Semua pekerja akan berjuang melewati hari mereka di dalam kantor, menghadapi bos kurang pengertian, rekan kerja yang tak sulit bekerjasama, sampai tekanan pekerjaan yang menumpuk. Apabila berada di karier yang benar, maka Anda akan melewatinya dengan bahagia. Namun jika tidak, Anda akan merasa seperti berada di tempat penyiksaan dan selalu tak sabar menunggu kapan jam pulang.
  6. Seringkali sakit. Ketika pekerjaan yang Anda lakukan kerap membuat sakit kepala, badan lesu, hingga mengakibatkan Anda sering tidak masuk kantor, hingga depresi berkepanjangan, lebih baik Anda telaah lagi, apa yang menyebabkan semua itu bisa muncul. Rasa ketidaknyamanan itu menyerang Anda secara psikis, dan pada akhirnya bisa berpengaruh pada gangguan kesehatan fisik Anda juga lho, Mamas.
  7. Tak menantang. Bagian yang menarik mengenai pekerjaan yakni tantangan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. Jika Anda merasa pekerjaan yang dijalani sekarang tak cukup menantang, mungkin ini saatnya berpikir mencari tempat baru yang bisa menampung keterampilan yang dimiliki.
  8. Melakukannya untuk uang. Beberapa dari pekerja memilih gaji besar daripada jenis pekerjaannya. Ini sah-sah saja sebenarnya, namun jika itu berlawanan dengan keinginan hati, maka Anda tak akan maksimal mengerjakannya. Karier Anda pun mungkin hanya mandek.
  9. Tidak sesuai keahlian. Semua orang memiliki keahlian dan minat yang tampaknya ideal untuk karier tertentu. Tak hanya akan membuat Anda bahagia, tetapi juga bangga dengan apa yang Anda lakukan.
  10. Anti sosial. Anda merasa tidak pernah cocok atau sejalan dengan teman-teman sekantor, tidak pernah bisa ‘nyambung’ saat berbincang, merasa selalu digunjingkan, dan sebagainya. Ini menandakan kalau Anda memang tidak berada di tempat tepat.
  11. Bila Anda merasakan sebagian besar dari poin di atas, itu tandanya memang Anda berada pada pekerjaan yang salah, Mamas. Mungkin sudah waktunya mencari pekerjaan lain yang sesuai passion Anda.  (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares