Health

5 Cara Batasi Asupan Gula pada Anak

By  | 

Permen dan cokelat memang makanan yang paling digemari dan diimpikan balita, juga cupcake serta kudapan manis penggugah selera. Sayangnya terlalu banyak kadar gula dalam tubuh Si Kecil ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak negatif seperti obesitas, risiko diabetes, serta sulit berkonsentrasi, dan memicunya untuk lebih aktif. Namun tentu saja tidak mudah bagi Anda untuk membatasi asupan gula pada Si Kecil, untuk itu Smart Mama punya solusinya.

  1. Jangan membawa junk food ke dalam rumah. Hindari membawa junk food apalagi yang berupa kudapan manis seperti donat atau cupcake. Hal tersebut akan membiasakan Si Kecil untuk tidak mengonsumsi keduanya. Ganti kudapan ini dengan yang lebih sehat misalnya buah segar atau kacang-kacangan. Buah kering seperti kismis atau guacamole juga dapat dijadikan pilihan
  2. Selalu membaca ingredient sebelum membeli snack. Pastikan Anda membaca kandungan nutrisi dari setiap asupan yang akan diberikan kepada anak karena terkadang kadar gula baru dapat diketahui saat Anda mempelajari dengan seksama mengenai zat apa saja yang ada dalam camilan atau makanan yang Anda beli.
  3. Sajikan minuman sehat. Apa saja minuman sehat? Air, susu rendah lemak, serta jus segar tanpa gula. Hindari Si Kecil mengonsumsi soda, fruit punch, dan aneka minuman kemasan lain. Selain banyak kandungan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan anak, kandungan gula dalam minuman kemasan juga sangat tinggi lho.
  4. Batasi juga asupan jus buah. Meskipun jus buah baik untuk kesehatan, namun banyak juga buah yang berkadar gula tinggi lho Mams. Oleh karena itu batasi juga asupan jus pada anak misalnya 1-2 gelas saja sehari. Perbanyak saja minum air putih dan susu.
  5. Buat jadwal Meskipun Anda ingin membatasi kadar gula dalam tubuh Si Kecil bukan berarti Anda menghilangkannya sama sekali. Anda dapat membuat jadwal konsumsi dessert misalnya setelah makan siang atu makan malam. Di sini Si Kecil boleh mengonsumsi salah satu dari dessert kesukaannya dengan jumlah cukup. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares