Parenting

Tip Berlibur Bersama Kakek dan Nenek

By  | 
Jelang akhir tahun ini, saatnya berlibur bersama keluarga yuk, Mamas. Tak ada salahnya mengajak kakek dan nenek turut serta. Jika Si Kecil merasa kurang suka dengan Sang Nenek yang cerewet, atau hubungan Anda dengan mertua yang kurang baik, bisa jadi liburan bersama akan menambah harmonis dan semakin dekat satu sama lain. Simak tip berikut, agar liburan Anda berakhir dengan kenangan yang menyenangkan.
1. Menyewa kamar terpisah. Agar liburan makin seru dan menyenangkan tak ada salahnya menyewa vila yang memiliki beberapa kamar. Sehingga, Anda masih cukup dekat untuk berkumpul bersama namun juga tidak kesulitan saat ingin menghabiskan waktu bersama keluarga kecil Anda.
2. Atur jadwal kegiatan. Salah satu penyebab ketegangan pada perjalanan keluarga yang terbesar adalah pengaturan jadwal. Sebaiknya, atur jadwal yang tak terlalu padat dan melelahkan agar masing-masing anggota tak terlalu capai. Jika kemarin Anda sudah berjalan-jalan keliling kota, untuk besok hari cukup agendakan kegiatan di dalam hotel seperti berenang atau bersantai.
3. Saling bertukar cerita. Biasanya, anggota keluarga yang tua seperti kakek-nenek, paling senang jika diminta menceritakan kisah masa lalu. Misalnya, bagaimana kisah pernikahan mereka, kelahiran anak-anak, atau momen lucu di masa muda. Hal ini akan menjadi liburan tak terlupakan.
4. Hindari konflik. Liburan sambil mengajak serta banyak orang multi-generasi, terkadang akan muncul konflik kecil akibat perbedaan pendapat. Tidak ada gunanya memperbesar masalah, akan lebih baik jika Anda mengalah dengan orang yang lebih tua.
5. Bawa obat-obatan. Ini jangan sampai terlupakan. Bawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi kakek-nenek untuk berjaga-jaga selama liburan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares