Mind

Tip Mengenali Tipe Mertua

By  | 

Setelah Anda dan pasangan menikah, maka keluarga suami adalah keluarga Anda, demikian pula sebaliknya. Namun, kehadiran mertua terkadang ditakuti oleh menantu terutama para wanita, khususnya Anda, para pengantin baru. Salah satu kekhawatiran adalah Anda tidak bisa akrab dengan mertua. Nah,  Agar tidak salah tingkah dan bisa memahami karakter mertua, sebaiknya kenali dulu berbagai tipe mertua.

1. Penyayang. Siapa tidak ingin memliki mertua dengan tipe ini? Ini adalah jenis mertua idaman para menantu. Mereka mempunyai sifat penyayang sehingga Anda akan diperlakukan sama dengan anaknya. Mereka sangat care dan mengayomi Anda.

2. Perhatian. Mertua tipe ini sangat peduli dengan apa yang Anda dan suami lakukan. Mereka akan ikut andil dan menanyakan rencana-rencana Anda berdua, baik jangka pendek ataupun panjang. Terkadang mereka memang bisa membuat Anda risih sih, tapi percayalah niat mereka baik.

3. Cuek dan pendiam. Jika mertua Anda terlihat cuek bukan berarti tidak sayang pada Anda. Mereka tidak mau terlalu ikut campur dengan urusan Anda. Ada keuntungan tersendiri dengan mertua semacam ini, karena Anda dapat lebih leluasa membina rumah tangga.

4. Memanjakan anak. Biasanya mereka akan memanjakan anak tunggal atau anak bungsunya. Mereka berusaha memenuhi kebutuhan anaknya meskipun sudah menikah. Mama mertua semacam ini biasanya akan memanjakan cucunya.

5. Suka mengatur. Ya, memiliki mertua dengan sifat seperti ini bisa membuat Anda tidak nyaman. Mereka biasanya ingin ikut mengatur bagaimana cara Anda memperlakukan suami, merawat rumah, memasak, dan sebagainya.

6. Cerewet. Mertua semacam ini bikin Anda kalang kabut. Setiap hari ada saja yang dikomentari, baik itu yang baik atau yang buruk. Hadapi mertua semacam ini dengan kepala dingin dan jangan emosi, ya, Mamas.

7. Suka bergosip. Jika mempunyai mertua seperti ini, Anda harus ekstra sabar. Memang bergosip adalah kebiasaan wanita. Tapi jika mertua sering menceritakan keburukan orang lain terutama Anda, tentu membuat suasana tidak nyaman kan? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares