Interior Design

Inspirasi Rak Buku Unik

By  | 

Jika Anda dan keluarga memiliki hobi membaca, tentu koleksi buku dan majalah di rumah atau kamar Anda cukup banyak ya, Mamas. Melihat banyak buku dan majalah yang berserakan pasti akan mengganggu pemandangan dan keindahan rumah Anda, bukan? Oleh karena itu, sudah waktunya Anda memiliki sebuah rak khusus untuk menaruh buku.
Beberapa desain lemari atau rak buku minimalis dan unik mungkin bisa menjadi pilihan ide kreatif Anda dalam membuat rak atau lemari buku dan majalah di rumah. Agar awet dan tahan lama, pilih bahan dari kayu, pipa, atau pun besi metal seperti aluminium dan lainya. Penggunaan bahan kayu bisa didapatkan dari kayu bekas palet ataupun model lainnya yang sekiranya kuat dan tahan lama. Pada umumnya model rak buku digabungkan dengan rak-rak aksesoris karena akan menjadi lebih multifungsi.

Berikut adalah beberapa inspirasi untuk membuat rak buku atau majalah.

Melayang
Rak buku ini cukup sederhana namun memberikan efek luar biasa. Buku-buku yang ditumpuk dalam perabotan ini akan terlihat seperti ‘melayang’, namun tentu dengan sedikit trik khusus. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah sesuai kreasi.

2-bookshelf (1)
Pipa
Jika mempunyai pipa-pipa bekas yang tidak digunakan, mungkin Anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah rak buku. Anda bisa membuatnya dengan desain unik pada contoh gambar berikut.

3-bookshelf
Cangkir
Ada yang mengatakan bahwa ketika sedang membaca buku, secangkir kopi atau teh adalah partner yang sempurna. Desain rak buku ini bisa jadi terinsipirasi dari hal tersebut. Jika Anda memang selalu ditemani secangkir kopi atau teh saat membaca, mungkin desain tersebut cocok untuk Anda.

rakbuk5
Typografi
Desain dari rak buku ini akan membantu Anda lebih giat lagi membaca buku dan memberikan ide untuk mengatur penempatan buku lebih baik lagi. Tempat penyimpanan buku ini dibagi dua. Bagian kiri adalah rak menyimpan buku yang sudah dibaca, sedangkan bagian kanan adalah rak untuk menyimpan buku yang belum dibaca.

7-bookshelf-rak-buku
Pohon Buku
Rak buku berbentuk pohon ini sangat indah dan cantik. Si Kecil pasti akan senang dengan keberadaan perabotan ini dan mendorong ia untuk lebih gemar lagi membaca buku.

8-bookshelf-rak-buku

 (Yosi Avianti/LD/Photo:  Istockphoto.com, Various)

Shares