Education

Serunya Sidang Kerja ke-2 KidZania CongreZZ Kids bersama Menparekraf Sandiaga Uno

By  | 

Pembangunan dan pengembangan pariwisata yang ramah anak tentu jadi impian setip orangtua. Tak hanya nyaman mengajak Si Kecil berwisata, tempat wisata tersebut tentunya juga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi kreatif.

Jakarta, 20 Maret 2024, KidZania CongreZZ Kids 2023-2025 mengadakan sidang kerja ke-2 (ke dua) yang berlangsung di gedung Kementerian dan Ekonomi Kreatif untuk berdiskusi langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Diskusi tersebut membahas tentang pembangunan dan pengembangan pariwisata yang ramah anak serta ekonomi kreatif yang meningkatkan kesejahteraan anak. Anak-anak dari KidZania CongreZZ ini adalah wakil anak-anak KidZania yang menyuarakan dan memperbaiki hak-hak anak agar terpenuhi dalam berbagai bidang. Kunjungan sidang kerja ini disambut hangat oleh Sandiaga Salahuddin Uno dan timnya. Kidzania sendiri merupakan taman bermain edukatif yang mempernalkan Si Kecil dengan berbagai macam profesi.

Yang istimewa di sidang CongreZZ Kids kali ini adanya kesempatan yang diberikan bagi anak-anak untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Menparekraf, di mana mereka dapat menyampaikan aspirasi dan hak-hak anak secara langsung mengenai pengembangan industri pariwisata yang ramah anak serta peningkatan ekonomi kreatif agar kesejahteraan anak bisa terwujud.

Foto bersama Menparekraf Sandiaga Uno.

Kegiatan sidang kerja CongreZZ Kids ke Kemenparekraf ini memberikan mereka edukasi tentang komitmen kementerian untuk mendukung industri pariwisata yang ramah anak, pengetahuan tentang langkah-langkah serta dukungannya dalam memajukan ekonomi kreatif di sektor pariwisata. “Kami sangat senang sekali bisa bertemu dengan anak-anak KidZania CongreZZ Kids dan dapat berdialog bersama untuk mendukung terus pariwisata yang layak anak. Mereka sangat antusias mengaspirasikan suara hak-hak anak Indonesia terkait kemajuan pariwisata yang ramah anak dan berdampak baik untuk meningkatkan kesejahteraan anak, dan kelak mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bangga dengan kekayaan pariwisata di Indonesia untuk menuju Indonesia Emas,” tutur Sandiaga Salahuddin Uno.

Layaknya di kongres, masing-masing perwakilan komisi mengajukan pertanyaan kepada Menparekraf.

Adapun salah satu yang jadi pertanyaan anak-anak KidZania CongreZZ Kids adalah tentang belum meratanya jangkauan internet di Indonesia. Sehingga hal ini membatasi para pelaku ekonomi kreatif yang tinggal di daerah terpencil untuk terjun di industri kreatif berbasis intenrnet. Salah satu yang menjadi contoh adalah daerah Kabupaten Kampar yang berlokasi di Riau. Di wilayah ini, untuk mendapatkan akses internet yang baik, warga harus naik ke atap rumah, memanjat pohon atau bahkan naik ke bukit. Tentunya hal ini menjadi salah satu penghalang bagi pelaku ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

Menanggapi hal ini, Sandiaga mengatakan bahwa meskipun kawasan tersebut banyak memiliki tujuan wisata yang menarik, namun dalam hal sinyal internet, masih naik turun. “Hal itu menjadi PR kita, sehingga saya bekerjasama dengan Bapak Kominfo untuk menghadirkan jaringan internet yang handal dan mumpuni di seluruh Indonesia. Bukan hanya di perkotaan namun juga di pedesaan”.

Sandiaga juga mengatakan bahwa salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan destinasi wisata di kawasan terpencil adalah dengan mengunggah foto-foto liburan melalui sosial media. Dimana saat ini sosial media menjadi salah satu media yang turut mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia.      

Operational Senior Manager dari KidZania Jakarta, Lindung Artha Marhendra, sebagai mentor dari CongreZZ Kids juga mengungkapkan,“Harapan dari kunjungan ini anak-anak CongreZZ Kids 2023-2025 akan bisa berkontribusi lebih besar bagi anak-anak Indonesia dengan ilmu yang diperoleh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membuat dunia menjadi lebih baik, seperti misi KidZania Get Ready for a Better World.”

14 Anggota Kidzania CongreZZ Kids tour ke ruangan Podcast Menparekraf.

KidZania CongreZZ Kids adalah 14 anak-anak berprestasi dari sekolah-sekolah di Jabodetabek yang dipilih melalui proses seleksi ketat untuk menjadi anggota CongreZZ. Selayaknya KidZania di mana anak-anak bermain peran profesi, anggota CongreZZ berperan menjadi wakil rakyat KidZania, layaknya dewan perwakilan rakyat sebuah kota. Mereka menyuarakan aspirasi dan hak-hak anak untuk berkontribusi menjadikan dunia lebih baik. Sampai jumpa di KidZania CongreZZ Kids berikutnya! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Kidzania)

Shares