Mind

Kapan Mams to be Mulai Mengidam Saat Hamil?

By  | 

“Kapan Anda mengidam saat hamil?” adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh calon mama. Ada begitu banyak perubahan yang akan Mams to be alami selama kehamilan, dari perubahan hormon yang hingga perubahan tubuh dan tentu saja nafsu makan Anda – lagi pula, Anda tidak hanya makan untuk Anda sendiri lagi.

Kapan ngidam dimulai?

Sebenarnya tidak ada waktu yang tepat untuk menentukan kapan hal ini akan dimulai, karena hal itu sangat bervariasi antara satu calon mama dengan calon mama lainnya, bahkan beberapa diantaranya tidak memiliki keinginan hamil sama sekali. Namun, jika Mams to be mulai menyukai camilan, NHS mengatakan kemungkinan besar mengidam terjadi selama trimester pertama Anda atau bisa juga lebih dini, yaitu di usia 5 minggu dalam kehamilan Anda. Mengidam biasanya akan memuncak pada trimester kedua dan mulai mereda selama trimester ketiga.

Apa yang didambakan saat mengidam juga berbeda-beda; beberapa wanita akan tertarik pada makanan berlemak, asin atau manis, yang lain terkadang mulai menyukai makanan yang bahkan tidak mereka sukai sebelum kehamilan. Anda bahkan mungkin mendambakan hal-hal yang paling aneh, seperti es! Kemungkinan besar Anda juga tidak akan memilih makanan sehat yang selama ini jadi gaya hidup Anda, jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri ya, Mas to be.

Apa yang menyebabkan ngidam?

Tidak ada jawaban pasti yang terbukti mengapa Anda mengidam saat hamil. Fluktuasi hormon dianggap sebagai salah satu alasan yang mungkin, karena mempengaruhi bau, rasa dan nafsu makan Anda. Mungkin juga karena fakta bahwa tubuh Anda bekerja dua kali lipat lebih keras saat beradaptasi selama kehamilan.

Makanan yang biasanya diminati saat mengidam

Berikut adalah beberapa makanan yang mungkin Anda idamkan selama kehamilan:

• Permen – mengonsumsi makanan manis adalah salah satu keinginan paling umum selama kehamilan, selain permen mungkin Anda juga menyukai makanan ringan manis, seperti cokelat.

• Susu – kalsium dan gula dalam produk susu membuatnya lebih menarik selama kehamilan, karena itu es krim menjadi makanan yang umum disukai Mams to be saat mengidam.

• Makanan cepat saji – sekarang adalah alasan yang tepat untuk menghadiahi diri Anda sendiri dengan makanan Cina atau pizza yang sebelumnya Anda coba hindari.

• Karbohidrat bertepung – kehamilan kadang-kadang akan menguras tenaga Anda, itulah sebabnya pasta, roti, dan kentang sangat populer karena membantu mengisi bahan bakar tubuh Anda.

Lalu bagaimanan dengan Anda sendiri, apa makanan favorit saat mengidam? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto)

Shares