Health

Kenapa Buah Jeruk Baik untuk Kesehatan Si kecil?

By  | 

Tak hanya sayur, buah juga penting untuk Si kecil. Salah satu buah yang sangat disarankan untuk Si kecil adalah buah jeruk.

Salah satu cara termudah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Si Kecil adalah dengan memberinya asupan bergizi seimbang. Namun jangan hanya berpatokan dengan protein, karbohidrat dan lemak, Si Kecil juga wajib makan buah ya, Mamas!

Sajikan Si Kecil dengan buah-buahan yang dikenal menyediakan campuran nutrisi yang bermanfaat dan tidak selalu dapat ditemukan dalam suplemennya. Buah jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini karena jeruk mengandung 70-100 persen dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan.

Namun tahukah Mamas, bahwa selain vitamin C, jeruk juga menawarkan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan Si Kecil agar tetap sehat? Berikut adalah nutrisi penting yang ada terkandung di dalam buah jeruk:

1.Fitonutrien

Fitonutrien adalah senyawa bermanfaat yang dihasilkan oleh makanan nabati seperti flavonoid yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel dan mendukung kesehatan otak dan jantung.

2.Folat

Buah yang satu ini merupakan sumber folat yang baik, yang sangat penting untuk dikonsumsi Si Kecil terutama di masa pertumbuhannya saat ini. Folat diketahui dapat meningkatkan daya ingat Si Kecil, mendukung perkembangan syaraf otak, membantunya lebih fokus, mendukung perkembangan syaraf motorik, serta menjaga kestabilan emosional Si Kecil.

3.Kalium 

Kalium ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh Si Kecil. Kalium berfungsi mendukung fungsi sel, meningkatkan tekanan darah yang sehat, mendukung kesehatan tulang, serta menjaga tubuh Si Kecil tetap terhidrasi.

4.Naringin dan Hesperidin

Buah jeruk adalah satu-satunya jenis buah yang mengandung dua flavonoid, yaitu hesperidin dan naringin, yang menawarkan sifat anti-inflamasi.

5.Serat

Beberapa jenis jeruk merupakan sumber serat yang baik dan dapat mendukung kesehatan usus Si kecil.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini, sebaiknya Mamas memberinya dalam bentuk buah utuh ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares